Sukses

3 Opsi Diusulkan Terkait Pemindahan Ibu Kota, Apa yang Dipilih Jokowi?

Gelar rapat terbatas bersama para menteri terkait pemindahan ibu kota, Presiden Jokowi memilih ibu kota pindah ke luar Pulau Jawa.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali menggelar rapat terbatas di kantor presiden Jakarta. Kali ini, Jokowi beserta para menteri membahas rencana pemindahan Ibu Kota Indonesia.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (30/4/2019), Presiden Jokowi menyampaikan wacana pemindahan ibu kota negara telah lama digagas di setiap masa pemerintahan.

Menteri Pembangunan Nasional dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengusulkan tiga kategori wilayah untuk pemindahan ibu kota, yakni di Jakarta tetapi dengan kriteria memiliki distrik khusus pemerintahan di pusat kota, memindahkan ibu kota di sekitar Jakarta dengan jarak 50-70 kilometer, atau memindahkan ibu kota ke luar Pulau Jawa.  

Usai rapat terbatas, Bambang Brodjonegoro menyampaikan Presiden Jokowi memilih opsi usulan ketiga dari kriteria yang dipaparkan, yakni untuk memindahkan ibu kota ke  luar Pulau Jawa. Â