Sukses

WASI Siap Pecahkan Rekor Dunia Menyelam Sambil Promosikan Laut Indonesia

Tri menyebut WASI akan ikut serta dalam aksi bersih laut dan pantai Manado, Sulawesi Utara di hari yang sama yaitu 3 Agustus 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Wanita Selam Indonesia (WASI) berencana memecahkan tiga rekor dunia, yakni penyelaman massal bertarget 3 ribu penyelam, rantai manusia terpanjang dalam air, dan pembentangan bendera terlebar di dunia.

Ketua Umum WASI Tri Tito Karnavian mengatakan, kegiatan penyelaman untuk memperingati HUT ke-74 RI. Selain itu juga upaya mempromosikan hal yang berkaitan dengan laut, di antaranya pariwisata, lingkungan hidup, kelestarian alam, serta olahraga.

Dia mengatakan, Indonesia merupakan negara dengan kelautan terbesar di dunia. Sehingga, Indonesia memiliki sumber daya dan kekayaan laut yang harus dijaga.

"Masih banyak masyarakat yang tidak menyadari bahwa gaya hidup sehari-hari kita bisa mengancam lingkungan hidup laut," ucap Tri di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/2019).

Istri Kapolri Tito Karnavian ini menjelaskan, ancaman serius untuk laut yaitu penggunaan bahan plastik sekali pakai dan tidak adanya pengelolaan sampah plastik yang benar. Apalagi Indonesia saat ini menjadi peringkat kedua penyumbang sampah plastik.

"Upaya WASI untuk membantu masyarakat meningkatkan kesadaran pentingnya laut bagi kehidupan. WASI bekerjasama dengan banyak pihak mensosialisasikan pemakaian plastik dengan bijaksana dan penggunaan bahan pengganti plastik," ucap Ketua Umum WASI tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksi Bersih Laut

Tak hanya pemecahan rekor dunia, Tri menyebut WASI akan ikut serta dalam aksi bersih laut dan pantai Manado, Sulawesi Utara di hari yang sama yaitu 3 Agustus 2019.

"WASI akan terus berperan aktif dalam mendukung dan mengembangkan program pelestarian laut dengan memanfaatkan pengetahuan dan keahlian kami sebagai penyelam," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.