Sukses

Menhub Budi Karya Tinjau Kesiapan Angkutan Lebaran Tahun 2019

Menjelang arus mudik Lebaran, terdapat peralihan jumlah penumpang yang memilih jalur laut,

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan angkutan Lebaran 2019 ke Kepala Badan Pengusahaan Batam Edy Putra Irawady, di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Sabtu siang (25/5). Budi sempat berkomunikasi langsung dengan awak kapal dan penumpang, di area Kmp Loro Londo.

Pada kunjungan tersebut Budi menyampaikan bahwa menjelang arus mudik Lebaran, terdapat peralihan jumlah penumpang yang memilih jalur laut, meski tidak terlalu banyak.

Namun untuk mengantisipasi peningkatan tersebut, Menteri Perhubungan RI meminta bantuan kerjasama Gubernur Kepuluan Riau, Kepala BP Batam serta Direktur Utama Pelni untuk menambah fasilitas seperti tenda-tenda di lokasi kontainer, pelayanan-pelayanan kesehatan, serta jam keberangkatan yang tepat waktu.

"Ke depan kami akan melakukan evaluasi terkait penempatan pelabuhan penumpang, ditempatkan di Batu Ampar atau Sekupang. Untuk arus mudik Lebaran kali ini, Kementerian Perhubungan menugaskan PT. Pelni untuk menambah jumlah frekuensi kapal," kata Budi.

Dalam pembahasan tersebut, Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady mengatakan bahwa rencana dalam waktu pendek 10 hari menjelang Lebaran, BP Batam akan meningkatan fasilitas dan juga pelayanan yang ada di Pelabuhan Batu Ampar demi kenyamanan penumpang.

"Selaku badan yang mengelola Pelabuhan Batu Ampar berharap, dengan adanya kunjungan kerja Menteri Perhubungan dan BP Batam segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Pelni, Pelabuhan, dan Dinas untuk evaluasi ke depan jika rencananya Batu Ampar untuk pelabuhan kontainer, lebih baik kembali lagi ke Pelabuhan Sekupang," tambah Edy.

Kunjungan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut berjalan tertib dan aman. Selanjutnya Menteri Perhubungan RI beserta rombongan menuju Bandara Hang Nadim untuk melanjutkan kunjungan kerja menuju Kalimantan Tengah.

Dalam kunjungan ini, Budi didampingi Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun, Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady, Dirjen Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo, Direktur Utama Pelni, Insan Purwarisya L Tobing, Kepala BPTJ, Bambang Prihartono, Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II Kelas I Kualanamu Medan, Bintang Hidayat, Kepala Kantor Pelabuhan Laut BP Batam. 

 

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.