Sukses

Saat Lampu JPO GBK Tampilkan Bendera Selandia Baru Hormati Korban Penembakan

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa penembakan jemaah salat Jumat di dua masjid di Selandia Baru mengundang reaksi dunia. Masyarakat global mengecam dan mengutuk tindakan tersebut.

Sebagai wujud dukungan solidaritas dan duka cita, Pemprov DKI Jakarta akan menampilkan warna bendera negara tersebut dalam lampu artistik di salah satu jembatan penyeberangan orang Ibu Kota. Hal itu akan diterapkan dalam beberapa hari ke depan.

"Dalam beberapa hari ke depan, tema lampu artistik JPO GBK menampilkan tema warna bendera NZ sebagai bentuk solidaritas dan duka cita #prayfornewzealand," tulis Naufal Firman Yursak dalam akun @firmanyursak yang dikutip Liputan6.com, Jumat (15/3/2019).

Firman Yusak sendiri merupakan orang dekat Gubernur DKI Anies Baswedan. Saat Pilkada DKI 2017, Ia menjadi salah satu juru bicara Anies Baswedan.

Gubernur DKI Anies Baswedan sebelumnya mengungkapkan, Pemprov DKI Jakarta turut berbelasungkawa atas apa yang terjadi di kota Christchurch. Ia mengimbau agar masyarakat mengirimkan doa kepada korban dan keluarga yang ditinggalkan dan juga kepada komunitas muslim di Selandia Baru.

Ucapan bela sungkawa juga disampaikan Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin. Dia mengucapkan duka cita yang mendalam atas penembakan di dua masjid di Selandia Baru, di Christchurch dan Lindwood yang lokasinya berdekatan.

"Innalillahi wa innailaihirajiuun, Dewan Masjid Indonesia menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kejadian di New Zealand, di Masjid An-Nur dan Masjid Linwwod," ujar Syafruddin dalam video singkat yang diterima Liputan6.com, Jumat (15/3/2019).

 

2 dari 2 halaman

Isi Surat DMI

Pada kesempatan itu dia juga meminta umat muslim dan pengurus masjid di seluruh Indonesia untuk turut berduka atas musibah yang menimpa.

"Pada kesempatan yang baik ini, Dewan Masjid Indonesia mengimbau kepada umat muslim dan seluruh pengurus masjid untuk ikut turut berduka cita," jelas dia.

Berikut keterangan lengkap Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin:

Innalillahi wa innailaihirajiuun, Dewan Masjid Indonesia menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kejadian di New Zealand, di Masjid An-Nur dan Masjid Linwwod, dimana ada sekitar kurang lebih 60 umat muslim yang baru selesai melaksanakan ibadah shalat jumat mengalami musibah penyerangan.

Dan pada kesempatan yang baik ini, Dewan Masjid Indonesia mengimbau kepada umat muslim dan seluruh pengurus masjid untuk ikut turut berduka cita.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Aktivitas Meningkat, Abu Bromo Semakin Tebal
Loading
Artikel Selanjutnya
Penembakan di Masjid Selandia Baru, Ini Respons Donald Trump
Artikel Selanjutnya
WNI Korban Penembakan di Masjid Selandia Baru Seniman Berdarah Minang