Sukses

Bamsoet: Puteri Indonesia Harus Menjadi Duta Pancasila di Dunia

Bamsoet menyebut para finalis merupakan pemenang bagi perempuan Indonesia di manapun berada.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Bambang Soesatyo meminta Puteri Indonesia 2019 terpilih, Frederika Alexis Cull untuk menjadi duta pancasila di berbagai belahan dunia. Lantaran, dia menilai kehadiran pancasila adalah kunci perdamaian di Bumi Pertiwi.

"Banyak negara dunia yang heran kenapa Indonesia yang wilayahnya begitu luas dan penduduknya beraneka ragam, namun sampai hari ini masih tegak berdiri. Tidak ada perpecahan, permusuhan, apalagi perang saudara. Jawabannya adalah karena kita punya Pancasila," tuturnya di Jakarta, Jumat (08/03/2019) malam.

Bamsoet memuji kualitas seluruh finalis Puteri Indonesia 2019 yang telah bekerja keras hingga meraih babak akhir. Dia mengatakan, kendati belum terpilih, kehadiran para finalis dapat menguatkan peran perempuan di berbagai bidang kehidupan.

Bamsoet menyebut para finalis merupakan pemenang bagi perempuan Indonesia di manapun berada.

"Para finalis sudah memberikan yang terbaik. Mereka adalah pemenang bukan hanya bagi diri pribadi, keluarga, daerah maupun pendukungnya. Mereka telah menjadi pemenang bagi perempuan Indonesia," katanya menandasi.

Salah satu juri di Grand Final Puteri Indonesia 2019 ini menilai, para finalis ajang ini memiliki pengaruh besar lantaran suaranya didengar banyak orang. Karenanya, dia mengimbau mereka harus menematkan pancasila di relung hati paling dalam guna menumbuhkan rasa nasionalisme.

"Pancasila bukan sekadar mantra, melainkan spirit hidup yang menghargai perbedaan dalam membingkai persaudaraan. Sebagaimana Tuhan menciptakan manusia yang pada hakikatnya berbeda-beda bukanlah untuk membenci atau menyebar benih permusuhan, melainkan untuk saling mengenal satu sama lain," kata Bamsoet menjelaskan.

Federika Alexis Cull terpilih dinobatkan menjadi Puteri Indonesia 2019. Wakil dari DKI Jakarta 1 itu akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2019 di Seoul, Korea Selatan (Korsel).

(Liputan6.com/Rifqi Aufal Sutisna)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.