Sukses

4 Wilayah Indonesia Digoyang Gempa Hari Ini

Guncangan gempa hari ini mulai dirasakan sejak dini hari pukul 01.38 hingga 10.42 WIB dengan kekuatan, waktu, dan wilayah berbeda-beda.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa kembali menggoyang beberapa wilayah di Indonesia hari ini, Kamis (14/2/2019). Guncangan lindu mulai dirasakan sejak dini hari pukul 01.38 hingga 10.42 WIB dengan kekuatan, waktu, dan wilayah berbeda-beda.

Melalui laman resminya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menuliskan gempa pertama terjadi pada pukul 01.38 WIB di wilayah Sarmi, Papua.

Selain itu, gempa terjadi di wilayah Malang, Jawa Timur, kemudian Lebak, Banten, serta Pulau Morotai, Maluku. Gempa-gempa tersebut dirasakan pada waktu dan magnitudo yang berbeda-beda.

Meski guncangan gempa yang dirasakan terbilang cukup kuat, hingga kini BMKG belum melaporkan adanya kerusakan yang timbulkan akibat lindu atau korban jiwa.

Berikut gempa yang mengguncang empat wilayah Indonesia pada hari ini dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sarmi

Guncangan gempa pertama kali terjadi hari ini di wilayah Sarmi, Papua pada pukul 01.38 WIB. Gempa tersebut bermagnitudo 4,8 dengan kedalaman 22 kilometer.

Lokasi gempa berada pada titik koordinat 1.93 Lintang Selatan-138.52 Bujur Timur. Pusat gempa berada di darat 26 kilometer barat daya Sarmi.

 

3 dari 5 halaman

2. Malang

Gempa kedua terjadi di wilayah Malang, Jawa Timur. Gempa yang terjadi pada pukul 02.58 WIB itu bermagnitudo 5 dengan kedalaman 10 kilometer.

Lokasi gempa berada pada titik koordinat 9.34 Lintang Selatan-112.53 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut 123 kilometer barat daya Kabupaten Malang.

 

4 dari 5 halaman

3. Lebak

Guncangan lindu juga terjadi di Lebak, Banten. Gempa menggoyang pada pukul 06.41 WIB. Gempa tersebut bermagnitudo 5,2 dengan kedalaman 21 kilometer.

Lokasi gempa berada pada titik koordinat 7.07 Lintang Selatan-105.75 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut 79 kilometer barat daya Lebak.

 

5 dari 5 halaman

4. Pulau Morotai

Gempa terakhir menggoyang Pulau Morotai, Maluku. Pusat gempa berada di laut 38 kilometer tenggara Pulau Morotai.

Gempa bermagnitudo 4,9 dengan kedalaman 10 kilometer. Lokasi gempa berada pada titik koordinat 2.2 Lintang Utara-128.71 Bujur Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bumi