Sukses

Gempa Hari Ini, 3 Wilayah Indonesia Diguncang Lindu

Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,1 mengguncang Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, sore tadi, sekitar pukul 15.01 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa kembali mengguncang wilayah Indonesia. Sore ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat lindu dengan kekuatan magnitudo 4,6 menggoyang Pulau Panjang, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Total, sejak pukul 05.12 WIB hingga pukul 17.05 WIB, Selasa (12/2/2019), ada tiga gempa yang mengguncang tiga wilayah di Indonesia.

Lewat laman resminya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi getaran lindu terjadi di Kecamatan Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat; Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara; dan Pulau Panjang, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dari ketiga wilayah ini, dua di antaranya tercatat pusat gempa berada di laut. Bahkan salah satunya memiliki kekuatan magnitudo yang cukup besar, yaitu 5,1.

Berikut gempa yang mengguncang tiga wilayah Indonesia pada hari ini:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kecamatan Mamasa

Gempa dengan kekuatan magnitudo 3,2 mengguncang Kecamatan Mamasa pagi tadi, pukul 05.12 WIB.

Menurut BMKG, gempa berpusat di darat dengan kedalaman mencapai 7 kilometer.

Ada pun lokasi gempa terdeteksi pada titik koordinat 2,89 LS, 119,42 BT. Tepatnya berada di 1 km timur laut Kecamatan Mamasa.

 

3 dari 4 halaman

2. Kabupaten Kepulauan Talaud

Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,1 mengguncang Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, sore tadi, pukul 15.01 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan lokasi gempa berada pada koordinat 4,82 Lintang Utara (LU), 126,37 Bujur Timur (BT). Tepatnya di 94 km barat laut Kepulauan Talaud.

Sementara, pusat gempa berada di laut pada kedalaman mencapai 69 kilometer.

4 dari 4 halaman

3. Pulau Panjang NTB

Gempa kembali mengguncang wilayah Indonesia. Sore ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat lindu dengan kekuatan magnitudo 4,6 menggoyang Pulau Panjang, Nusa Tenggara Barat (NTB), pukul 17.05 WIB.

Getaran gempa dirasakan hingga Kabupaten Lombok Timur dan Sumbawa.

Sementara itu, pusat gempa dilaporkan berada di laut dengan kedalaman mencapai 10 kilometer. Sedangkan lokasi gempa terletak pada koordinat 8,39 LS, 116,84 BT.

Atau lebih tepatnya berada di 9 km barat laut Pulau Panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.