Sukses

Jokowi: Pemerintah Jamin Prinsip Kemerdekaan Pers

Jokowi mengatakan semakin ke sini masyarakat kian tidak percaya pada media sosial.

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat kepada insan media yang tetap dipercaya masyarakat sebagai penyampai informasi faktual dibanding media sosial.

Jokowi mengutip hasil penelitian Edelman Trust Barometer 2018 bahwa di tahun 2016, tingkat kepercayaan masyarakat kepada media konvensional sebesar 59 persen dibanding 45 persen media sosial. Lalu di 2017 58 persen dibanding 42 persen, dan 2018 sebesar 63 persen dibanding 40 persen.

"Semakin ke sini masyarakat semakin tidak percaya pada media sosial. Saya sangat bergembira, selamat kepada insan pers atas kepercayaan masyarakat yang terus meningkat," katanya dalam sambutan puncak peringatan Hari Pers Nasional 2019 di Grand City Surabaya, Sabtu (9/2/2019).

Presiden mengatakan, era digital yang diikuti perkembangan masif media sosial, membuat masyarakat disajikan berlimpahnya infromasi. Setiap orang bisa menjadi wartawan bahkan pemred. Kadang juga menebar kegaduhan, ketakutan dan rasa pesimisme.

"Di era seperti ini, justru media arus utama dibutuhkan sebagai rumah penjernih informasi, dibutuhkan untuk menyajikan informasi terverifikasi, dibutuhkan untuk menjalankan peran sebagai communication of hoax, dan dibutuhkan untuk bisa memberikan harapan- harapan besar untuk bangsa Indonesia," ujarnya.

Presiden berharap media bisa menjadi amplifier atas informasi tentang pembangunan dan kekurangan yang harus terus dibenahi bersama.

"Pemerintah juga menjamin prinsip kemerdekaan pers dan kebebasan berpendapat. Kebebasan yang beretika dan bertata krama. Saya sampaikan kepada seluruh insan pera di seluruh tanah air selamat hari pers nasional 2019," kata Jokowi.

Dalam puncak HPN 2019 itu, Presiden Jokowijuga mendapatkan medali Kemerdekaan Pers yang diberikan Margiono dan Yosep Adi Prasetyo.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.