Sukses

4 Alasan Masinton PDIP Dukung Sepeda Motor Masuk Tol

Masinton berharap pemerintah memperbanyak lagi jalan tol yang boleh dimasuki sepeda motor

 

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR Masinton Pasaribu mengungkapkan usulan yang disampaikan Ketua DPR Bambang Soesatyo tentang motor masuk tol merupakan aspirasi dari berbagai elemen, baik pemerintah maupun masyarakat pengguna jalan raya, khususnya pengendara roda dua.

Mengutip data Mabes Polri, populasi sepeda motor tahun 2018 mencapai 111.571.239 unit atau setara dengan 42,4% penduduk Indonesia di tahun yang sama. Untuk itu, politisi PDIP yang menjadi wakil rakyat Komisi III ini mendukung usulan Ketua DPR-RI Bambang Soesatyo agar sepeda motor bisa masuk tol.

Dia menyebut PP No.15 tahun 2005 Pasal 38 Ayat (1) disebutkan jalan tol diperuntukkan bagi pengguna yang menggunakan kendaraan roda empat atau lebih.

Sementara PP No.44 Tahun 2009 telah direvisi dengan menambah satu ayat yang menyebutkan pada jalur tol dapat dilengkapi dengan jalur tol khusus bagi kendaraan bermotor roda dua yang secara fisik terpisah dari jalur-jalan tol yang diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Alasan ketiga disebutkan Masinton adalah mencegah rawan kecelakaan. Dengan dibolehkannya sepeda motor di tol Jembatan Suramadu dan ruas tol Bali, terbukti angka kecelakaan tidak setinggi di ruas jalan-jalan umum.

Masinton berharap pemerintah memperbanyak lagi jalan tol yang boleh dimasuki sepeda motor agar angka kecelakaan lalu lintas secara nasional dapat ditekan. Karena sepeda motor roda dua merupakan moda transportasi darat yang digunakan mayoritas rakyat Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buka Ruas Tol Lebih Banyak

Keempat, dengan dibukanya lebih banyak lagi ruas tol yang bisa diakses sepeda motor sebagai bukti konkret kepedulian pemerintahan Presiden Joko Widodo kepada rakyat.

"Pembangunan jalan tol yang terus digencarkan setidaknya akan dinikmati sebagian besar rakyat dan niscaya pula akan menggerakkan perekonomian Indonesia," kata Masinton.

Masinton menyerukan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan agar tidak ragu lagi memperbanyak ruas tol yang bisa diakses sepeda motor. Karena secara konstitusi, hukum, keselamatan maupun keadilan sudah terpenuhi dan diharapkan perekonomian Indonesia akan bergerak lebih maju lagi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.