Sukses

CCTV di Rumah Ketua KPK Diduga Tak Berfungsi

Liputan6.com, Jakarta - Pasca-insiden ditemukannya benda diduga bom di rumah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo, warga sekitar menyebut tidak ada kamera CCTV yang hidup. Menurut Ferry, tetangga Agus yang tinggal peris di depan rumahnya, CCTV tersebut sudah lama tidak aktif.

"CCTV enggak aktif setahu saya, karena sebelah rumah lagi dibangun, mungkin ribet ada kabel-kabel," kata dia kepada wartawan di lokasi, Perumahan Graha Indah, Jatiasih, Pondok Gede, Jawa Barat, Rabu (9/1/2019).

Selain Ferry, warga lain bernama Melky yang tinggal di sebelah rumah Agus, juga mengamini hal yang sama. Menurut pengakuannya, seorang ajudan Agus sempat mendatangi rumahnya dan menanyakan apakah rumahnya terpasang kamera CCTV.

"Jadi ini (menunjuk benda mirip CCTV) itu sebenarnya lampu, dikira ajudan CCTV. Saya tanya kenapa CCTV di rumah Pak Agus? Dijawabnya pada mati, tapi saya enggak tahu kenapa kok mati, saya enggak tanya juga," terang Melky.

Pantauan di lokasi, terdapat empat kamera CCTV terpasang di beberapa sudut rumah Agus Rahardjo. Keempat benda terpasang dua di teras depan, dan dua di teras lantai atas.

Pasca-insiden, situasi rumah Agus terlihat sepi. Tidak ada keramaian warga, bahkan garis polisi di lokasi.

 

2 dari 2 halaman

Teror Bom

Selain itu, rumah Wakil Pimpinan KPK Laode M Syarif juga menjadi sasaran teror bom.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, membenarkan adanya peristiwa tersebut.

"Ada insiden di kediaman Pak Agus dan Pak Laode," kata jenderal polisi bintang satu ini saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (9/1/2019).

Dari barang bukti yang didapat penyidik di lokasi kejadian, disita pecahan botol. Sementara bekas kepulan asap tengan diidentifikasi.

"Patut diduga ledakan itu berasal dari bom, tapi masih dianalisa jenisnya," kata Dedi.

Adapun kediaman Agus berada di Bekasi, Jawa Barat, dan kediaman Laode di bilangan Kalibata, Jakarta Selatan.

Saat ini, kepolisian membantu pengamanan di kediaman dua pimpinan KPK tersebut. Untuk penyelidikan, polisi memeriksa CCTV yang ada di sekitar kediaman Agus Rahardjo dan Laode M Syarif.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Momen Pertemuan Ahok dan Anaknya

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ketua DPR Duga Teror di Rumah Pimpinan KPK Hanya untuk Menakut-nakuti
Artikel Selanjutnya
Dalang Hoaks Surat Suara Terungkap, TKN Duga Ada Motif Delegitimasi KPU