Sukses

Begini Rekayasa Lalu Lintas Malam Tahun Baru di Jakarta

Terdapat beberapa ruas jalan yang ditutup dan dialihkan selama perayaan malam tahun baru. Kantong parkir pun disediakan di beberapa titik.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan penutupan dan pengalihan lalu lintas selama perayaan pergantian tahun. Pengalihan tersebut dilakukan secara bertahap mulai pukul 17.00 WIB hingga 24.00 WIB.

"Sebagai upaya memberi kenyamanan bagi masyarakat yang datang serta untuk mengkondisikan lokasi acara dari kendaraan bermotor untuk selanjutnya dilakukan persiapan acara," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub DKI Jakarta Sigit Wijatmoko di Jakata, Sabtu (29/12/2018).

Sigit menyebut ruas jalan yang ditutup antara lain Jalan Majapahit sisi Timur (Simpang Harmoni), Jalan Museum, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Kebon Sirih (simpang jembatan Serong sampai simpang Jalan Agus Salim), Jalan Wahid Hasyim (simpang Jalan Mas Mansyur sampai simpang Jalan Agus Salim), Jalan Kebon Kacang, Jalan Teluk Betung, dan Jalan Medan Merdeka Barat (sisi barat dan timur).

Selain itu, penutupan jalan juga diberlakukan di Jalan Medan Merdeka Selatan (sisi utara dan selatan), Jalan Jenderal Sudirman (selatan sampai utara ditutup mulai dari depan Gedung BNI 46), Jalan Tanjung Karang (Plaza UOB), Jalan Imam Bonjol, Jalan Sunda, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Medan Merdeka Utara (depan Gedung Pertamina) dan Jalan Veteran 3.

"Selama dilakukan penutupan, lokasi jalan tersebut steril dari lalu lintas kendaraan bermotor dan sepeda (kecuali petugas), serta delman dan gerobak pedagang kaki lima (PKL)," ucapnya.

Sementara itu untuk pengalihan lalu lintas, dia menyebut kendaraan dari arah Harmoni yang akan menuju ke selatan dialihkan melalui Jalan Juanda – Lapangan Banteng – Jalan Pejambon – Jalan Ridwan Rais dan seterusnya.

"Selanjutnya kendaraan dari arah Semanggi yang akan menuju ke utara dialihkan melalui melalui Jalan Margono Joyohadikusumo – Jalan Mas Mansyur atau Jl. Galunggung dan seterusnya," ujar Sigit. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sediakan Beberapa Titik Kantong Parkir

Sedangkan untuk lalu lintas dari barat ke timur ataupun sebaliknya melalui Jalan Suryo Pranoto – Jalan Juanda – Jalan Pos – Jalan Gunung Sahari – dan seterusnya. Atau Jalan Tambak – Jalan Sultan Agung – Jalan Galunggung - dan seterusnya.

Tak hanya itu, Sigit menyebut pihaknya juga membuat perencanaan lokasi-lokasi kantong parkir dalam rangka acara malam pergantian tahun. Kantong parkir tersebut di antaranya Wisma Nusantara dan Hotel Niko, Plaza Indonesia, Wisma Antara, Gedung Jaya, Jakarta Theater, Komplek gedung Midplaza, Gedung Prince Center, Plaza Permata dan Wisma Nugraha Santana.

Ada pula di Menara Thamrin, Menara BNI 46, Grand Indonesia, Plaza UOB, Stasiun Gambir, Gedung Sarinah, Masjid Istiqlal, Gajah Mada Plaza, Perpustakaan Nasional RI, Duta Merline Plaza, Kementerian Perdagangan, Graha Mandiri, The City Tower, Gedung Wisma 46, Menara BDN dan Gedung Artaloka.

"Kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan yang ditutup, menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambup-rambu lalu lintas, dan petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan," jelas dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.