Sukses

Jokowi Resmikan 4 Ruas Tol di Jatim Besok

Rencananya Jokowi beserta rombongan akan roadshow yang di mulai dari Surabaya menuju Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan empat ruas tol di Jatim pada Kamis besok.

Rencananya Jokowi beserta rombongan akan roadshow yang dimulai dari Surabaya menuju Jakarta. Dari sepanjang jalan ini, tercatat ada empat ruas jalan tol di Jatim yang akan diresmikan Jokowi.

"Ada empat ruas jalan tol yang direncanakan sudah bisa dioperasionalkan akhir tahun ini," tutur Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Jatim Gatot Sulistyo Hadi, Rabu (19/12/2018).

Dia menjelaskan, yang diresmikan Jokowi adalah ruas tol Ngawi-Kertosono (segmen Wilangan-Kertosono), Jombang-Mojokerto (seksi Bandar-Kertosono), Gempol-Pasuruan (seksi Pasuruan-Grati) dan Surabaya-Gempol (seksi relokasi Porong-Gempol).

"Tarifnya diperkirakan Rp 1.000 per kilometer seperti ruas jalan tol yang lain," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi meminta seluruh kepala daerah khususnya di Jawa untuk dapat memanfaatkan Tol Trans Jawa yang akan segera rampung di akhir 2018. Ia ingin tol Trans Jawa dapat diintegrasikan dengan kawasan industri dan pariwisata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu Mobilitas Warga

"Dengan selesainya Jakarta-Surabaya ini, saya ingin agar seluruh kepala daerah bisa mengintegrasikan dengan kawasan-kawasan industri yang ada baik yang baru maupun yang lama," kata Jokowi saat meresmikan ruas Tol Ngawi-Sragen di rest area kilometer 538 jalan tol Solo-Ngawi, Jawa Tengah, Rabu 28 November 2018.

"Mengintegrasikan tol ini dengan kawasan-kawasan wisata agar semakin ramai," sambung dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap Tol Trans Jawa dapat membantu mobilitas masyarakat dan memaksimalkan pengiriman barang.

"Jangan sampai tol ini hanya berdiri sendiri sebagai jalan tol, semuanya harus diintegrasikan sehingga manfaatnya betul-betul maksimal," ujar Jokowi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.