Sukses

Mengintip Ruang Salat KH Hasyim Asy'ari, Tempat Pertemuan 4 Mata Jokowi dan Gus Solah

Gus Solah memberi restu pengikutnya mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menyempatkan diri berbicara empat mata dengan adik mendiang Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid, KH Solahudin Wahid (Gus Solah) saat berkunjung ke Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang .

Putra Gus Solah, Irfan Wahid mengatakan pertemuan antara ayahnya dengan Jokowi dilakukan di sebuah ruangan bersejarah, yaitu di kamar tempat KH Hasyim Asy’ari biasa menunaikan ibadah salat malam. 

"Beliau berdua bertemu di ruangan tempat Mbah Hasyim biasa bertafakur dan shalat malam di Ndalem Kesepuhan Pesantren Tebuireng,” ucap pria yang biasa disapa Ipang Wahid itu, Selasa (18/12/2018).

Ipang mengatakan dalam kesempatan itu, ayahnya juga memberikan restu kepada barisan relawan yang mengatasnamakan Barisan Gus Solah (Baguss) mendukung Jokowi- Ma'ruf Pilpres 2019. Namun, ia menegaskan, Gus Sholah tak berpolitik praktis.

"Sebagai pengasuh Ponpes Tebuireng, Gus Sholah tidak dalam posisi berpolitik praktis, tetapi beliau mendorong saya untuk memimpin perjuangan dan merestuinya," kata Ipang.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan pertemuan tertutup antara Gus Solah dan Jokowi berlangsung sekitar 45 menit. Dia mengaku tidak mengetahi detail isi pertemuan tersebut.

"Setelah pertemua itu, presiden lalu melakukan ziarah ke makam Gus Dur, makam KH A. Wahid Hasyim, dan makam KH Hasyim Asy'ari," ucap politikus PDI Perjuangan itu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terima Kasih ke Gus Solah

Pada kesempatan itu Presiden didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Staf Khusus Presiden Johan Budi SP, Gubernur Jatim Soekarwo. Hadir pula putri Gus Dur, Yenny Wahid yang ikut serta menyambut kedatangan Presiden.

Saat meresmikan Museum Islam Indonesia di Tebuireng, Jokowi menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada keluarga besar Pondok Pesantren Tebuireng karena telah berkontribusi dalam penyebaran islam yang damai. 

"Selaku Presiden Republik Indonesia, selaku bagian dari umat Islam di Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gus Solah beserta seluruh keluarga besar Tebuireng yang telah banyak memberikan kontribusi yang luar biasa bagi umat Islam di Indonesia. Kontribusi yang luar biasa kepada Indonesia yang kita cintai bersama," tutur Jokowi. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.