Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Mengintip Ruang Salat KH Hasyim Asy'ari, Tempat Pertemuan 4 Mata Jokowi dan Gus Solah

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menyempatkan diri berbicara empat mata dengan adik mendiang Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid, KH Solahudin Wahid (Gus Solah) saat berkunjung ke Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang .

Putra Gus Solah, Irfan Wahid mengatakan pertemuan antara ayahnya dengan Jokowi dilakukan di sebuah ruangan bersejarah, yaitu di kamar tempat KH Hasyim Asy’ari biasa menunaikan ibadah salat malam. 

"Beliau berdua bertemu di ruangan tempat Mbah Hasyim biasa bertafakur dan shalat malam di Ndalem Kesepuhan Pesantren Tebuireng,” ucap pria yang biasa disapa Ipang Wahid itu, Selasa (18/12/2018).

Ipang mengatakan dalam kesempatan itu, ayahnya juga memberikan restu kepada barisan relawan yang mengatasnamakan Barisan Gus Solah (Baguss) mendukung Jokowi- Ma'ruf Pilpres 2019. Namun, ia menegaskan, Gus Sholah tak berpolitik praktis.

"Sebagai pengasuh Ponpes Tebuireng, Gus Sholah tidak dalam posisi berpolitik praktis, tetapi beliau mendorong saya untuk memimpin perjuangan dan merestuinya," kata Ipang.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan pertemuan tertutup antara Gus Solah dan Jokowi berlangsung sekitar 45 menit. Dia mengaku tidak mengetahi detail isi pertemuan tersebut.

"Setelah pertemua itu, presiden lalu melakukan ziarah ke makam Gus Dur, makam KH A. Wahid Hasyim, dan makam KH Hasyim Asy'ari," ucap politikus PDI Perjuangan itu. 

 

2 dari 2 halaman

Terima Kasih ke Gus Solah

Pada kesempatan itu Presiden didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Staf Khusus Presiden Johan Budi SP, Gubernur Jatim Soekarwo. Hadir pula putri Gus Dur, Yenny Wahid yang ikut serta menyambut kedatangan Presiden.

Saat meresmikan Museum Islam Indonesia di Tebuireng, Jokowi menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada keluarga besar Pondok Pesantren Tebuireng karena telah berkontribusi dalam penyebaran islam yang damai. 

"Selaku Presiden Republik Indonesia, selaku bagian dari umat Islam di Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gus Solah beserta seluruh keluarga besar Tebuireng yang telah banyak memberikan kontribusi yang luar biasa bagi umat Islam di Indonesia. Kontribusi yang luar biasa kepada Indonesia yang kita cintai bersama," tutur Jokowi. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Kabinet Jokowi Jilid II Lebih Ramping dan Efektif?
Artikel Selanjutnya
HEADLINE: Nomenklatur Baru, Kabinet Jokowi Jilid 2 Lebih Ramping dan Efektif?