Sukses

Jokowi Kunjungi 4 Pondok Pesantren di Jombang

Jokowi meresmikan Rusunawa Universitas Pesantren Darul Ulum dan sempat menjadi katib saat melaksanakan salat zuhur berjamaah.

Liputan6.com, Jombang - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi empat pondok pesantren (ponpes)yang ada di Jombang, Jawa Timur. Keempat ponpes tersebut yaitu Pondok Pesantren Darul Ulum, Peterongan Jombang, Pondok Pesantren Tebuireng, Pondok Pesantren Mambaul Maarif, Denanyar, serta Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras.

Kunjungan ke Ponpes Darul Ulum mengawali perjalanan Jokowi ke Jombang. Di ponpes yang terletak di Kecamatan Peterongan ini, Jokowi meresmikan Rusunawa Universitas Pesantren Darul Ulum dan sempat melaksanakan salat Zuhur berjamaah dengan pengurus ponpes.

Mantan Wali Kota Solo ini bahkan bertindak sebagai imam. 

Selanjutnya, Jokowi mengunjungi Pondok Pesantren Tebuireng untuk meresmikan Museum Islam Indonesia K.H. Hasyim Asy’ari.

"Perlu kita teladani perjuangan K.H. Hasyim Asy’ari. Saat momentum merebutkan dan mempertahakan kemerdekaan negara ini," tutur Jokowi dalam sambutannya saat peresmian Museum Islam Indonesia K.H. Hasyim Asy’ari, Selasa (18/12/2018).

Jokowi juga mengingatkan bahwa bangsa indonesia yang ada saat ini dibentuk oleh ulama, santri serta elemen bangsa sehingga terjadilah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Bangsa kita majemuk, perbedaan tradisi dan bahasa daerah jangan menjadi pemecah tapi sebagai pemersatu bangsa dengan persaudaraan," ujar Jokowi.

Kedatangannya disambut langsung oleh pengasuh Ponpes Tebuireng KH Sholahuddin Wahid bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jombang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Ziarah ke Makam

Usai menggelar pertemuan tertutup dengan para pengurus, Jokowi melakukan ziarah ke Komplek pemakaman Tebuireng dengan didampingi oleh Kapolri Jendral Tito Karnavian, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Luki Hermawan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.