Sukses

Pohon Kelapa Bercabang 41 Masuk Rekor Muri

Museum Rekor Indonesia mencatat pohon kelapa yang tumbuh di kawasan wisata Tuban, Bali, karena memiliki 41 cabang. Setiap orang yang menghitung cabang pohon selalu mendapatkan jumlah berbeda.

Liputan6.com, Tuban: Pada umumnya pohon kelapa tidak bercabang. Namun lain dengan pohon kelapa yang tumbuh di kawasan wisata Tuban, Bali, yang memiliki 41 cabang. Sebab itu, Museum Rekor Indonesia (MURI), baru-baru ini, mencatatnya sebagai pohon dengan cabang terbanyak di Indonesia, bahkan mungkin di dunia.

Pohon kelapa yang ditanam pada 1972 itu tumbuh di halaman belakang sebuah hotel di kawasan Tuban dan memiliki tinggi 18 meter. Sejak 1976, pohon tersebut mulai bercabang. Uniknya, setiap orang yang menghitung cabang pohon pasti berbeda jumlahnya. Bahkan hasil yang dihitung MURI bersama juru mangku atau pendeta Hindu pun berbeda.

Berdasarkan penelitian secara organolebtik atau pengamatan yang dilakukan MURI akhirnya disepakati jumlah keseluruhan cabang 41, terdiri dari 28 cabang hidup dan 13 cabang mati. Kendati demikian, banyaknya cabang membuat pohon tak mampu menahan beban sehingga ruas batangnya terlihat retak-retak. Untuk menjaga kelestarian pohon itu, pihak pemilik memasang klem penjepit dan tiang penyangga agar tidak tumbang.(PIN/Iwan Gunawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini