Sukses

Top 3 News: Suara Misterius di Langit Pekalongan Itu dari Pesawat Antonov

Top 3 news, suara misterius di langit Pekalongan berasal dari pesawat Antonov yang tengah melintas dalam penerbangan dari Jakarta menuju Melbourne, Australia.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news, terungkap sudah suara misterius meraung-raung yang menggegerkan masyarakat Pekalongan dalam beberapa hari terakhir. 

Bunyi menderu di atas langit dipastikan berasal dari pesawat Antonov yang tengah melintas dalam penerbangan dari Jakarta menuju Melbourne, Australia.

Pesawat jenis ini, menurut Manajer Hubungan Masyarakat Airnav Indonesia Yohanes Harry Sirait memang memiliki rate of climb yang rendah. Saat terbang di atas langit Pekalongan, pesawat tengah berusaha menaikkan ketinggian ke 25.000 kaki. Sehingga dampaknya menimbulkan suara gemuruh.

Sebelumnya, warga Pekalongan sempat dilanda kecemasan saat mendengar suara meraung-raung di atas langit, Jumat, 14 Desember 2018, pukul 00.30 WIB.

Warga yang penasaran lalu keluar rumah dan menatap langit untuk mencari sumber suara. Langit yang tertutup awan tebal membuat warga tak mampu melihat apa-apa, hanya suara keras berdurasi selama 1 menit yang terdengar.

Sebagian sempat menduga suara gemuruh itu berasal dari pesawat. Namun, ada pula yang mengaitkannya dengan fenomena alam dan hal-hal berbau mistis.

Seorang pria dalam video yang sempat viral bahkan menyerukan asma Allah saat peristiwa itu terjadi. 

"Allahu Akbar.. Allahu Akbar..Allahu Akbar..Allahu Akbar," ucapnya sambil merekam sumber suara yang berasal dari langit.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Senin, 17 Desember 2018:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Suara Misterius di Langit Pekalongan Terkuak, Ini 3 Kenyataannya

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, suara meraung-raung di langit Pekalongan merupakan bunyi pesawat yang tengah melintas.

Pesawat tersebut berangkat dari Jakarta menuju Melbourne, Australia.

"Terkuak sudah bunyi misterius dengungan yang heboh di atas Pantura dua hari yang lalu. Sumber suara adalah pesawat Antonov An-12BP yang terbang dari Jakarta menuju Melbourne melintas di atas Pantura Jawa," kata Sutopo dalam akun Twitter-nya seperti dikutip Liputan6.com, Jakarta, Senin (17/12/2018).

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. 3 Fakta Gemuruh Misterius di Langit Pekalongan

Langit di kota Pekalongan beberapa waktu lalu mendadak ramai. Gemuruh mencekam membuat penasaran. Sebagian dari mereka terlihat ketakutan dengan adanya suara tersebut. Namun, sebagian lainnya merekam peristiwa langka tersebut.

Dalam akun Twitternya Sutopo menjelaskan, bahwa suara yang mereka dengar tersebut merupakan suara pesawat yang tengah melintas di langit Pekalongan.

"Terkuak sudah bunyi misterius dengugan heboh di atas Pantura dua hari yang lalu. Sumber suara adalah pesawat Antonov An-12 BP yang terbang dari Jakarta menuju Melborune melintas di atas Pantura Jawa," ungkap Sutopo pada Senin (17/12/2018).

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Terkuak Asal Suara Misterius di Langit Pekalongan

Warga Pekalongan dan Semarang, Jawa Tengah, dihebohkan dengan suara misterius dari langit pada tengah malam. Nah, sekarang ini terkuak asal dari suara meraung-raung tersebut.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, suara itu merupakan bunyi pesawat yang tengah melintas. Pesawat tersebut berangkat dari Jakarta menuju Melbourne, Australia.

"Jadi bukan dari UFO atau pesawat Avenger ya," lanjut Sutopo tentang asal suara misterius dari langit.

 

Selengkapnya...

 

 

Saksikan video pilihan  di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.