Sukses

Jokowi Beri Penghargaan untuk 4 Budayawan Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi memberikan penghargaan kepada empat budayawan Indonesia di Kongres  Kebudayaan Indonesia (KKI) di Kantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta Pusat. 

Keempat budayawan tersebut yaitu I Gusti Putu Ngurah Wijaya alias Putu Wijaya, D Zawawi Imron, Ismiyono dan Hubertus Sadirin.

Seperti diketahui, Putu Wijaya merupakan sastrawan, pelukis, novelis, dan penulis seribu cerpen. Sementara, Zawawi Imron dikenal sebagai penyair yang konsisten dalam menyiarkan sastra di seluruh Indonesia. Sedangkan Ismiyono dan Hubertus Sadirin merupakan para ahli yang ikut berperan merestorasi Candi Borobudur. 

Dalam sambutannya, Jokowi menyebut inti dari sebuah kebudayaan yakni kegembiraan. Karena itu, dia mengimbau, seluruh elemen masyarakat terus dan aktif dalam menjaga kebudayaan. 

"Kita harus selalu ingat untuk terus aktif, nguri-uri (merawat tradisi) kebudayaan Indonesia, kebudayaan nusantara. Dan sekaligus menguatkan dan mengembangkannya dalam menghadapi perkembangan zaman tersebut," kata Jokowi, Minggu (9/12/2018).

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menyatakan kebudayaan dan ilmu pengetahuan di Indonesia merupakan karya dari sejarah panjang peradaban bangsa. Mulai dari pengalaman panjang menghadapi alam, menghadapi perkembangan zaman dalam upaya memecahkan persoalan-persoalan yang ada.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Hilang Keseimbangan, Wanita Tua Nyaris Jatuh dari Eskalator

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Kontestasi Kata tanpa Toleransi, yang Muncul Fitnah dan Kebencian
Artikel Selanjutnya
Jokowi Ajak Masyarakat Lestarikan Kebudayaan Bangsa