Sukses

Kapolri Resmi Kukuhkan Polda Banten Menjadi Tipe A

Kapolri Tito menuturkan, Polri mengalami perjalanan panjang di Provinsi Banten untuk mendirikan sebuah kepolisian daerah.

Liputan6.com, Serang - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian resmi mengukuhkan Polda Banten dari Tipe B yang dipimpin oleh seorang Brigjen, menjadi Tipe A yang akan dipimpin oleh seorang Irjen.

"Bahwa hari ini, baru saja saya serahkan pataka Polda Banten, yang menandakan kenaikan tipologi, dari Polda tipe B menjadi tipe A," kata Kapolri dalam sambutannya di Mapolda Banten, Kamis (6/12/2018).

Tito menuturkan, Polri mengalami perjalanan panjang di Provinsi Banten untuk mendirikan sebuah kepolisian daerah. Pada sekitar tahun 2000 an, saat itu Banten baru saja berdiri dan baru ada Kepolisian Wilayah (Polwil) Banten, dengan pusat komandonya ada di Polda Jawa Barat (Jabar).

Kemudian sekitar 2005, berdirilah Polda Banten dengan Tipe C. Kapoldanya dan Wakapolda ya berpangkat Komisaris Besar (Kombes).

"Saya sendiri waktu itu menjadi Kapolres di Serang. Unik juga waktu itu di tahun 2005, Kapoldanya Kombes, Wakapoldanya Kombes, saya sendiri Kombes. Kemudian naik menjadi tipe B, bintang satu," ucap Tito.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 Polres

Polda Banten memiliki enam Polisi Resort (Polres), yakni Polres Cilegon, Polres Serang Kota, Polres Serang, Polres Pandeglang, Polres Lebak, dan Polresta Tangerang di wilayah Kabupaten Tangerang.

Polres Tangsel dan Polres Metro Tangerang di Kota Tangerang, belum bergabung ke dalam naungan Polda Banten dan masih berada di bawah komando Polda Metro Jaya (PMJ).

"Setelah diskusi panjang, akhirnya Polres Kabupaten Tangerang masuk ke Polda Banten. Duanya lagi, menunggu Kapoldanya bintang dua," kata Kapolri Tito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.