Sukses

3 ABK KM Gerbang Samudra yang Hillang Diduga Terjebak di Ruang Nakhoda

Liputan6.com, Gresik - Tim gabungan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Basarnas, dan Ditpolair Polda Jatim terus melakukan pencarian terhadap tiga orang yang masih dinyatakan hilang pada insiden terbakarnya Kapal Gerbang Samudra 1 di Perairan Karang Jamuang Gresik, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (4/12/2018), petugas melakukan penyisiran hingga radius 9 mil dari lokasi terbakarnya kapal. Namun, ketiga korban yang terdiri dari satu nakhoda dan dua ABK kapal belum juga ditemukan.

Diduga ketiga korban terjebak di dalam ruang nakhoda. Karena menurut keterangan ABK yang selamat, saat kejadian pintu ruang nakhoda terkunci. Saat hendak didobrak, api justru semakin membesar.

Petugas belum bisa melakukan pencarian karena bara api dan asap masih memenuhi kapal. Proses penyemprotan masih terus dilakukan.

Dalam dua pekan terakhir, kasus kecelakaan laut telah beberapa kali terjadi. Terkait hal ini, Kementerian Perhubungan akan meningkatkan pengawasan faktor kelayakan dan keamanaan bagi kapal dan awak kapal yang akan berlayar.

"Dengan kejadian ini, kita akan memperhatikan faktor kemanan. Kapal-kapal yang tidak laik juga tidak boleh beroperasi," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Rio Audhitama Sihombing)