Sukses

Diduga Jual Produk Impor Berbahaya, 2 Gudang Mainan di Batam Disegel

Fokus, Batam - Dua gudang mainan anak-anak milik dua distributor besar di Kota Batam disegel karena diduga menjual produk impor dari China yang dibuat dari bahan berbahaya.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (9/11/2018), penyegelan dipimpin Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Veri Anggrijono saat melakukan sidak ke Batam.

Kasus ini terungkap setelah menemukan mainan anak yang berbahaya di sejumlah toko. Setelah ditelusuri ternyata dipasok dari distributor di Batam.

Mainan yang disegel berupa lego, boneka, miniatur mobil, dan motor. Diduga kuat mainan ini membahayakan anak-anak karena dibuat dari bahan yang tidak standar.

"Karena produk ini mengandung keamanan keselamatan dan lingkungan, maka ini kita amankan sementara," ucap Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono.

Kementrian Perdagangan akan melakukan penelitian lebih lanjut dan memeriksa perusahaan distributor. Jika terbukti membahayakan, maka ribuan mainan in akan dimusnahkan. Dan pihak distributor akan dikenai pasal undang-undang perlindungan konsumen. (Muhammad Gustirha Yunas)