Sukses

Peluang Jadi PNS Kecil, Jusuf Kalla Dorong Mahasiswa Jadi Wirausahawan

Menurut Kalla, peluang menjadi PNS hanya 4-5 persen dari total lulusan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan kesempatan untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sangat kecil. Peluangnya hanya 3-4 persen dibandingkan lulusan sarjana yang ada.

Karena itu, ia mendorong mahasiswa untuk berwirausaha ketimbang menjadi PNS. "Kesempatan menjadi PNS sangat kecil, untuk itu sekarang ada dua pilihan menjadi profesional atau menjadi pengusaha sendiri," katanya dalam kuliah umum di Universitas Pembangunan Nasional(UPN), Yogyakarta, Minggu (4/11/2018).

Seperti dilansir Antara, Kalla menilai, wirausahawan muda berkontribusi membangun ekonomi bangsa. Melalui wirausahawan pula kesenjangan dapat dikurangi, dan lapangan pekerjaan diciptakan.

Kesenjangan yang menciptakan ketidakadilan ekonomi adalah salah satu pemicu konflik dan disintegrasi bangsa. "Dari 15 konflik besar sepanjang Indonesia merdeka, 10 di antaranya diakibatkan karena ketidakadilan," katanya.

Kalla mengatakan, perkembangan teknologi kini telah menciptakan peluang yang luar biasa dalam kewirausahaan. Kemampuan melihat peluang untuk dijadikan komoditas merupakan karakter kewirausahaan yang dibutuhkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerja Tak Butuh Kantor

Bila di masa lalu, bekerja membutuhkan kantor atau tempat fisik, saat ini yang dibutuhkan adalah tempat kerja. Semua orang dapat bekerja di mana saja, bahkan di rumah.

Wapres mencontohkan, saat ini tanpa memiliki toko pun orang bisa berjualan melalui internet, bahkan bisa menjangkau seluruh dunia.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Wirausaha berkaitan dengan penciptaan hal-hal baru untuk mencari keuntungan.

    wirausaha

  • PNS merupakan kependekan dari Pegawai Negeri Sipil.

    PNS