Sukses

Ada Demonstrasi, Jalan Menuju Istana Merdeka Disterilkan

Jalan Medan Merdeka Barat dan Utara sudah dibatasi dengan kawat berduri.

Liputan6.com, Jakarta - Sekumpulan massa yang mengatasnamakan aksi bela tauhid hari ini akan menyampaikan aspirasinya. Mereka memprotes pembakaran bendera tauhid.

Berdasarkan pantauan, sepanjang jalan menuju Istana Negara sudah disterilkan. Jalan Medan Merdeka Barat dan Utara sudah dibatasi dengan kawat berduri.

Kasatlantas Polres J Jakarta Pusat AKBP Juang Andri mengatakan, massa nantinya akan diarahkan hanya melintasi Patung Kuda, atau tepatnya hanya sampai di depan Gedung Indosat.

"Dari Istiqlal lanjut ke Patung Kuda. Mereka nanti titik kumpulnya di sana," ucap Juang di Jakarta, Jumat (2/11/2018).

Sementara itu, sekitar pukul 13.08 WIB pendemo baru terlihat puluhan. Rata-rata mereka membawa bendera bertuliskan tauhid. Belum ada orasi dan mobil komando.

Sebelumnya, kegiatan tersebut diperkirakan akan diikuti ribuan massa. Demonstrasi itu diinisiasi oleh Persaudaraan Alumni (PA) 212.

Ketua PA 212 Slamet Ma'arif membenarkan rencana aksi bela tauhid tersebut. Pihaknya juga telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada kepolisian terkait rencana penyampaian pendapat di muka umum itu.

"Sudah. (Estimasi massa) kurang lebih 10 ribu," kata Slamet.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

Polisi juga menyiapkan rekayasa lalu lintas selama aksi berlangsung. Berikut rekayasa lalu lintas:

1. Alih arus di Harmoni

Kendaraan dari arah Gajah Mada menuju arah Traffic Light Oteva dibelokkan ke kiri menuju Juanda.

2. Alih arus di Binagraha

Kendaraan yang ingin menuju Jalan Veteran III dari arah Harmoni diluruskan melewati Juanda. Kendaraan dari arah Juanda diluruskan melewati Harmoni.

3. Alih arus di Patung Kuda

Kendaraan dari arah Sarinah arah Traffic Light Oteva dibelokkan ke kiri melewati Traffic Light Budi Kemuliaan. Kendaraan dari arah Balai Kota menuju Traffic Light Oteva diluruskan melewati Traffic Light Budi Kemuliaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.