Sukses

Pemuda Nusantara Diminta Sadari Potensi Laut Indonesia

KPN ini diharapkan dapat menambah wawasan bahari kelautan bagi generasi muda yang belum sadar potensi laut Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Selama hampir 26 jam, rombongan Kapal Pemuda Nusantara (KPN) 2018 mengarungi laut Indonesia. Bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, 99 peserta KPN 2018 berlayar menggunakan KM Doro Londa milik PT Pelni.

Dinahkodai Kapten Laode Muhisi, pelaut senior ini menyambut baik program KPN 2018 yang diinisiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga. Muhusi, sapaan karibnya, mengatakan program ini dapat menambah wawasan bahari kelautan bagi generasi muda yang kiranya belum sadar akan potensi laut Indonesia.

"Padahal sebenarnya negara kita kan kepulauan sesuai catatan, 17 ribu pulau kita dihubungkan laut, nah ketika kita bicara lautan kita bicara kapal, ciptakan solusi ekonomi negara yang berperan luar biasa dalam pembangunan bangsa," kata Muhisi di ruang kemudi KM Doro Londa, Selasa (30/10/2018).

Muhisi merasa, sebagai insan bahari, pelaut agaknya masih termarginalkan dalam pergaulan sosial. Namun dengan keberadaan KPN 2018, dia merasakan ada spirit baru dari generasi muda yang menyuntikkan semangat baru akan aktivitas kelautan.

"Jadi sering-seringlah berkunjung ke kapal, berlayar dan jangan lihat laut sebagai pemisah antarpulau tapi penyatu dari NKRI," jelas Muhisi.

Sebagai pelaut, Muhisi berharap pemerintah bisa memperhatikan dunia maritim lebih dalam lagi. Luas Indonesia dengan 70 persennya adalah lautan, maka tenaga kerja sejatinya bisa dimaksimalkan untuk ada di laut. Beragam potensi lapangan kerja, mulai dari pelayaran, perikanan, atau budidaya laut, semua terbuka.

"Karenanya mulailah generasi muda untuk tahu tentang laut, banyak potensi bisa digarap untuk menciptakan lapangan kerja yang lebih luas lagi," Muhisi memungkasi.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.