Sukses

Jalankan Amanat Ayah, Airlangga Hartarto Renovasi Makam Kiai Ageng Gribig

Airlangga menuturkan ayahnya sempat memperbaiki bagunan makam Kiai Ageng Gribig pada1992.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menghadiri haul Kiai Ageng Gribig di Klaten, Jawa Tengah.  Dalam kesempatan itu, Airlangga juga meresmikan bangunan makam yang baru selesai direnovasi. Pemugaran makam tersebut untuk membuat nyaman para peziarah yang datang.

Airlangga yang merupakan keturunan dari Kiai Ageng Gribig mengatakan, renovasi makam tersebut merupakan amanah ayahnya, Hartarto Sastrosoenarto.

Airlangga menuturkan ayahnya sempat memperbaiki bagunan makam bagian depan pada 1992.

"Kebetulan ayah saya yang bangun bangsal kompleks makam ini pada 1992 lalu. Lalu saya melanjutkan sisanya. Itu merupakan amanat almarhum ayah saya," ujar Airlangga, Rabu, 24 Oktober 2018.

Sementara itu, Cawapres Nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin yang ikut menghadiri acara itu mengatakan, jasa Kiai Ageng Gribig dalam penyebaran Islam di Pulau Jawa, khususnya kawasan Mataram sungguh besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Contoh Toleransi

Dia meminta generasi saat ini mengambil pelajaran dari Kiai Gribig yang menyebarkan agama Islam di tanah Mataram dengan cara yang santun dan toleran.

"Beliau itu menyebarkan Islam di tanah Mataram ini dengan cara damai santun dan toleran, tidak terjadi kegaduhan. Cara seperti ini yang harus kita lestarikan dan kembangkan," tutur dia.

Mantan Rais Aam PBNU itu dan Airlangga melakukan prosesi pemotongan untaian bunga melati sebagai tanda peresmian tempat itu. Kemudian mereka berdoa dekat makam Kiai Ageng Gribig.

Reporter: Dedi Rahmadi

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.