Sukses

Gudang Cairan Kimia di Pabrik Tekstil Bandung Terbakar

Petugas pemadam kebakaran bekerja ekstra hati-hati lantaran yang terbakar adalah cairan kimia untuk memproduksi bahan tekstil.

Fokus, Bandung - Sebuah gudang pabrik tekstil di Bandung, Jawa Barat, terbakar. Petugas pemadam kebakaran harus bekerja ekstra hati-hati lantaran yang terbakar adalah cairan kimia untuk memproduksi bahan tekstil.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (22/10/2018), petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi tak bisa langsung mendekati titik api. Mereka mengenakan kostum khusus lengkap dengan masker wajah dan tabung oksigen. Langkah tersebut wajib dilakukan lantaran yang terbakar adalah cairan kimia.

Peristiwa kebakaran itu menimpa gudang cairan kimia di kompleks bangunan pabrik tekstil PT Joans di kawasan Pasir Panjang, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung.

Menurut saksi mata, api pertama kali muncul dan membesar di bagian gudang yang digunakan untuk menyimpan cairan kimia untuk memproduksi bahan tekstil.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran ini. Namun, diduga cuaca yang sangat terik dan suhu ruangan yang tinggi memicu munculnya api dari bahan kimia yang mudah terbakar, sehingga api dengan cepat membesar.

Petugas pun harus bekerja ekstra keras menarik selang air cukup panjang lantaran gudang yang terbakar terletak jauh di dalam bangunan pabrik yang sangat luas. Selain itu, sumber air di sekitar lokasi juga sulit ditemukan.

"Kita waspada karena ini bahan berbahaya, ini bahan kimia," jelas perugas Damkar Kabupaten Bandung M Muchtar.

Kobaran api akhirnya dipadamkan setelah dua jam kemudian. Kasus kebakaran ini masih dalam penyelidikan Polsek Katapang dan Polres Bandung dengan memeriksa sejumlah saksi. (Muhammad Gustirha Yunas)