Sukses

Homeschooling Solusi untuk Remaja Lamongan yang Alami Obesitas

Sejak kelas 4 SD, Silvia memutuskan untuk berhenti sekolah. Dia merasa malu dengan kondisinya yang mengalami kelebihan berat badan hingga 179 kilogram.

Liputan6.com, Lamongan - Seorang remaja putri di Lamongan, Jawa Timur, mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Akibatnya, ia merasa malu untuk ke sekolah dan memilih untuk belajar di rumah dengan program homeschooling.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (19/10/2018), ini adalah momen bahagia keluarga Suroso. Putri mereka yang berusia 15 tahun Silvia Dwi Susanti akhirnya mau menerima kedatangan pihak kecamatan dan Dinas Pendidikan.

Sebelumnya, Silvia tidak mau berinteraksi dengan orang lain dan keluar rumah. Bahkan, sejak kelas 4 SD, Silvia memutuskan untuk berhenti sekolah. Dia merasa malu dengan kondisi tubuhnya yang mengalami kelebihan berat badan hingga 179 kilogram.

Kondisi Silvia membuat pemerintahan Kecamatan Bluluk bertindak. Dia memotivasi Silvia agar mau ditangani oleh rumah sakit setempat dan bersekolah kembali.

Belajar di rumah atau homeschooling menjadi solusi dagar Silvia dapat mengikuti ujian kejar paket.

Obesitas atau kelebihan berat badan pada anak-anak di Indonesia menjadi salah satu masalah serius. Laporan Badan Kesehatan Dunia WHO dan UNICEF mencatat, Indonesia sebagai negara dengan proporsi anak obesitas tertinggi di Asia Tenggara, yakni 12 persen. (Muhammad Gustirha Yunas)