Sukses

Mendagri Ungkap Kunci Keberhasilan Memimpin Daerah

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melantik Restuardy Daud sebagai Penjabat Gubernur Kalimantan Timur mengisi posisi yang ditinggalkan Awang Faroek.

Liputan6.com, Samarinda Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melantik Restuardy Daud, Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) sebagai Penjabat Gubernur Kalimantan Timur di Kota Samarinda, Sabtu, 22 September 2018.

Kepada Ardhi Daud, Tjahjo berpesan dalam mengemban amanah sebagai Penjabat Gubernur Kalimantan Timur bahwa pemerintah daerah itu bukan gubernur sampai kepala desa atau kelurahan saja.

"Pemerintah daerah adalah di situ ada namanya TNI dengan tiga matranya, yaitu darat, laut dan udara, kemudian kepolisian mulai dari Kapolda dan jajarannya, ada jajaran kejaksaan, jajaran peradilan, dan DPRD yang mewakili partai politik," kata Tjahjo Kumolo di Samarinda.

Ia melanjutkan,”apa yang tadi disebutkan Itu juga belum cukup libatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan elemen masyarakat lainnya dalam setiap mengambil kebijakan politik sekecil apapun. Ini fungsi  tata pemerintahan, siapapun gubernurnya siapapun bupatinya yang terpilih dalam 5 tahun hukumnya tegak lurus harus taat dalam rangka melaksanakan tugas nasional dan daerah," ungkapnya. 

“Itu yang harus dilakukan untuk membangun sistem tata kelola pusat dan daerah yang harus semakin efektif, efisien, mempercepat reformasi birokrasi dalam upaya untuk memperkuat otonomi daerah," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Mendagri memberikan resep sederhana kunci keberhasilan kepala daerah dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya.

"Memastikan stabilitas daerah itu berjalan dengan baik. Serta memastikan program strategis Pemerintah Pusat seiring dengan program skala prioritas di provinsi Kalimantan Timur dan kabupaten/kotanya juga bisa berjalan dengan baik," kata Mendagri.

Di sela – sela sambutannya, Tjahjo menyampaikan apresiasi atas suksesnya perhelatan penyelenggaraan Pilkada 2018 di Kalimantan Timur

“Kepada jajaran Forkopimda atas nama pemerintah pusat menyampaikan apresiasi dan terima kasih bahwa pelaksanaan Pilkada serentak berjalan aman. Tentunya sinergi antara kepolisian dan TNI dengan tiga matranya kemudian deteksi dini dengan Kabinda, jajaran Kesbangpol, Satpol PP sampe tingkat paling bawah bisa berjalan dengan baik," Pungkasnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini