Sukses

Jokowi dan Prabowo Tukar Nomor di Pilpres 2019

Pilpres 2014, Prabowo mendapat nomor urut capres 1 dan Jokowi 2. Pilpres 2019, keduanya bertarung lagi dengan nomor yang tertukar.

Liputan6.com, Jakarta - Pilpres 2014, Prabowo mendapat nomor urut capres 1 dan Jokowi 2. Pilpres 2019, keduanya bertarung lagi dengan nomor yang tertukar.

Joko Widodo yang berpasangan dengan Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 mendapat nomor urut 1. Sedangkan nomor 2 untuk Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Setelah memperoleh nomor urut capres 2019, Jokowi-Ma'ruf maupun Prabowo-Sandiaga akan berjibaku merebut suara sekitar 187 juta pemilih.

Sejumlah tahapan harus dilalui kedua pasangan ini. Apa saja tahapan itu? Simak Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kejutan Jokowi

Secara mengejutkan Jokowi dan Ma'ruf Amin menggunakan Land Rover long chassis bak terbuka ke Gedung KPU. Mobil segala medan tersebut dihiasi lampu warna-warni, sehingga terlihat semarak.

Sepanjang jalan, Jokowi dan Ma'ruf menebar senyum dan melambaikan tangan kepada masyarakat dan simpatisan yang mengiringi keduanya ke KPU.

Usai mendapat nomor urut 1, Jokowi meminta ajang pilpres dijauhkan dari saling menghina dan menjelekkan. "Jangan sampai karena kontestasi politik ini, silaturahmi di antara kita jadi tidak baik," ujar Jokowi.

3 dari 3 halaman

Pesan Prabowo

Prabowo dan Sandiaga datang ke KPU menggunakan mobil Lexus putih bernomor polisi B 17 GRD. Prabowo duduk di samping sopir, sedangkan Sandiaga di kursi belakang sopir. Keduanya kompak berkemeja dan berkopiah.

Prabowo mengajak pendukung dan seluruh warga Indonesia melaksanakan pemilihan umum (pemilu) secara damai. Seruan tersebut disampaikan usai mendapat nomor urut 2.

"Saya berharap dan berkeinginan, menyerukan seluruh jajaran dan warga Indonesia, mari kita laksanakan pemilihan umum sejuk damai," ucap Prabowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.