Sukses

Kapolri: Polri Tak Main-Main Amankan Asian Games 2018

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, Polri dan TNI menerjunkan ribuan personel guna mengamankan Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, Polri dan TNI menerjunkan ribuan personel guna mengamankan Asian Games 2018. Personel ini merupakan personel gabungan sampai ke tingkat polres-polres.

"Personelnya hampir 8.000 personel TNI-Polri dan segenap unsur, kemudian kita juga punya cadangan kalau terjadi kontigensi. Semua wilayah juga saya perintahkan untuk mengamankan wilayah masing-masing termasuk di polda, polres lain yang ada di Jakarta mengamankan daerahnya masing-masing," kata Tito di Mapolda Metro Jaya, Rabu (15/8/2018) malam.

Menurut dia, nantinya anggota dibagi menjadi empat ring.

Dia mengatakan Polri tidak ingin main-main dengan pengamanan selama pagelaran Asian Games 2018. Sebab, ada ribuan orang dari berbagai negara yang diperkirakan hadir dalam ajang empat tahun itu.

"Diperkirakan 20 ribu-30 ribu mungkin yang hadir di acara itu karena sebagian (petugas) akan dipakai untuk ornamen-ornamen termasuk dari panitia, kemudian nanti ada mobilisasi atlet dari Wisma Atlet Kemayoran mulai dari Sabtu siang sampai dengan sore menuju Gelora Bung Karno menggunakan bus. Nah, itu otomatis ada rekayasa lalin nantinya agar dampaknya akan menimbulkan kemacetan tempat itu," Tito menjelaskan soal pengamanan Asian Games 2018.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratusan CCTV

Selain itu, mantan Kapolda Metro Jaya ini menyampaikan, akan ada ratusan kamera pengawas atau CCTV guna memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Semua ada di dalam one roof kita menggunakan CCTV untuk GBK sendiri hampir 600 CCTV dan untuk mengcover venue-venue yang lain yang ada di Polda Metro Jaya serta yang ada di masyarakat terlebih dari hampir 400 CCTV," ujar Tito.

Dengan akan berlangsungnya acara ini, dia meminta seluruh stakeholder dan masyarakt untuk bersama-sama membantu dan menyukseskan Asian Games 2018.

"Kita semua saling mendukung berkontribusi dan sekaligus berdoa semua berjalan dengan baik dan bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang maju dan aman dan mampu pesta besar sekelas Asian Games," kata Tito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.