Sukses

Ibu Meninggal Karena Gempa, Bayi di Lombok Utara Ini Butuh ASI

Liputan6.com, Jakarta - Bencana gempa yang melanda Lombok masih menyisakan duka mendalam bagi korban selamat. Tak terkecuali, Saiful Zohri (38). Warga Dusun Dangiang Timur, Desa Dangiang, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara, ini bersama bayinya, Rima Alfia Fitri, ditinggal pergi selama-lamanya oleh sang istri.

Istri Zohri, Erni Sukmawati (28), meninggal karena tertimpa tembok, saat gempa 7 Skala Ritcher mengguncang Lombok, Minggu, 5 Agustus lalu.

Erni saat itu tengah menggendong bayinya dan berusaha menyelamatkan diri saat gempa mengguncang. Namun, takdir berkata lain. Dia harus menghadap Yang Maha Kuasa, sementara bayinya selamat.

Alfia yang kini berusia 8 bulan masih membutuhkan ASI. Merespons ini, Tim Medis Aksi Cepat Tanggap (ACT) pada Sabtu, 11 Agustus 2018, mencari pendonor ASI dan mendapat pendonor dari seorang ibu asal Kota Mataram.

"Alhamdulillah kami mendapat donor ASI dari keluarga Ibu Qhuatro (26) dan Bapak Rizky Agus Prabowo (31), asal Mataram. Saat kami ke sana, ada sekitar 200 kantung ASI siap konsumsi. Insyaallah, stoknya cukup untuk kebutuhan ASI bayi Alfia," kata dr. Muhammad Riedha, seperti dilansir Antara, Minggu (13/8/2018).

 

1 dari 2 halaman

Pasokan ASI

Riedha mengatakan, pasokan ASI untuk Aflia akan terus dikirimkan hingga beberapa pekan ke depan, sembari memantau kondisi kesehatannya.

"Setiap hari kita akan ke tenda adik Alfia. Kita ajarkan bagaimana penyiapan ASI untuk Alfia. Insyaallah Alfia tetap sehat melewati bencana ini," ujar Riedha.

Di lain sisi, selagi menimang Alfia, Zohri menyelipkan ujung dot ASI ke bibir mungil bayinya itu. Tak lebih lima menit, satu botol kecil ASI habis dilahap Alfia.

"Sekarang Alfia tidak punya ibu. Mudah-mudahan ke depannya bisa tetap kuat. Semoga Yang Mahakuasa terus membantu," kata Zohri lirih mengucapkan kalimat tahlil untuk menimang bayinya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Permudah Penanganan Gempa Lombok, Kominfo Tambah 21 Satelit di NTB
Artikel Selanjutnya
Korban Gempa Lombok Dapat Pijatan Oksitosin, Ini Manfaatnya