Sukses

KPK Belum Terima Permintaan Pengecekan Rekam Jejak Cawapres Jokowi

Febri memastikan bahwa tidak ada permintaan secara pribadi dari Jokowi terhadap KPK untuk hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut belum ada permintaan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk mengecek rekam jejak para calon wakil presiden (cawapres). Jokowi sebelumnya mengatakan, melibatkan KPK mengecek latar belakang cawapresnya.

"Tadi saya sudah pastikan dan cek ya di alur persuratan KPK, tidak ada permintaan background check terkait dengan nama-nama cawapres tersebut," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (8/8/2018).

Febri juga memastikan bahwa tidak ada permintaan secara pribadi dari Jokowi terhadap KPK untuk hal tersebut. Menurut dia, pengecekan rekam jejak harus disampaikan secara formal.

"Tapi surat permintaan background check seperti yang dulu pernah dimintakan pada KPK dari beberapa instansi untuk mengisi posisi sejumlah pejabat. Kalau ada permintaan terkait dengan tugas dan kewenangan KPK itu secara formal diajukan," ucapnya.

Kendati begitu, dia menilai bahwa pengecekan rekam jejak perlu dilakukan sebelum pemilihan Presiden. KPK, lanjut Febri, berharap para calon pemimpin memiliki rekam jejak yang baik.

"Calon pemimpin di tingkat nasional butuh orang-orang yang memang punya integritas kuat dan komitmen pemberantasan korupsi yang kuat. Harapannya tentu proses penyaringan, proses pemilihan itu melihat dimensi-dimensi integritas itu," jelas Febri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi