Sukses

Menag Lukman dan Menpan RB Maju Caleg 2019

Menteri Agama Lukman Hakim didaftarkan sebagai calon legislatif dari PPP. Dia maju di dapil Jawa Barat VI Bekasi Kota dan Depok.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim didaftarkan sebagai calon legislatif dari PPP. Dia maju di dapil Jawa Barat VI Bekasi Kota dan Depok.

Hal itu disampaikan Sekjen PPP Arsul Sani saat mendaftarkan caleg ke KPU, Selasa 17 Juli 2019 malam.

"Saya kira Pak Lukman kadernya partai yang memang dibutuhkan figurnya, tapi Pak Lukman baru memutuskan menjadi caleg hari ini karena kemarin mendapatkan restu dari pak Jokowi," kata Arsul.

Sementara itu Ketum PPP Romahurmuziy tidak mendaftarkan diri sebagai caleg. Arsul menyebut agar pria yang akrab disapa Romi itu fokus mengkampanyekan di seluruh dapil.

"Dimaksudkan supaya Pak Romi bisa turut serta dalam kampanye di seluruh dapil di nusantara ini, kalau jadi caleg kan harus fokus," ucapnya.

Arsul mengatakan caleg PPP banyak berasal dari purnawirawan TNI-Polri, juga aktivis ormas Islam dan ulama. Dia mengaku ada pula mantan terpidana korupsi yang mendaftarkan, namun ditolak karena aturan PKPU yang melarang.

"Ada beberapa mantan terpidana kasus korupsi yang mendaftar, tapi kesepakatan pakta integritas, akhirnya PPP memutuskan untuk tidak mengakomodasi caleg yang merupakan mantan terpidana dari kasus-kasus yang berdasarkan PKPU," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PAN Daftarkan Asman Abnur Jadi Caleg

Sementara itu, PAN mendaftarkan Menpan RB Asman Abnur sebagai caleg di 2019. Kendati demikian, Waketum PAN Hanafi Rais mengatakan keputusan tersebut belum final. Dia didaftarkan maju sebagai caleg dari Kepulauan Riau.

"Memang partai menugaskan kepada seluruh kader terbaik untuk maju di pemilu legislatif termasuk menteri, tapi nanti tentu keputusannya ini belum final belum diputuskan juga secara resmi diumumkan KPU, nanti juga akan kita tanya kembali kepada menteri yang bersangkutan," kata Hanafi saat pendaftaran caleg di KPU, Jakarta Pusat, (18/7/2018).

PAN mendaftarkan 575 calon legislatif DPR RI di 80 dapil. Hanafi menyebutkan pihaknya telah memenuhi batas 30 persen caleg perempuan.

Dari angka tersebut, tingkat keikutsertaan artis sebagai caleg juga cukup berimbang. Beberapa nama yang nyaleg antara lain Eko Patrio dan Desi Ratnasari.

Selain itu, PAN juga menerima caleg dari tokoh yang pindah dari partai lain. Antara lain Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari PPP Abraham Lunggana alias Lulung, dan eks Sekjen Hanura Syarifuddin Sudding yang sempat bikin gonjang-ganjing kepengurusan Osman Sapta Odang.

"Ada Pak Lulung ya ya dapil DKI 3. Pak Lulung kemudian ada Syarifuddin Sudding," ucap Ketua DPP PAN Yandri Susanto.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.