Sukses

Jokowi Harap Studio Alam Hidupkan Ekonomi Desa Gamplong

Jokowi berharap agar tempat syuting film Sultan Agung: The Untold Love Story di Desa Gamplong, Yogyakarta, bisa menghidupkan perekonomian desa.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap agar studio alam di Desa Gamplong, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, bisa menghidupkan perekonomian desa. Studio alam sebelumnya jadi tempat syuting film Sultan Agung: The Untold Love Story yang akan dirilis 9 Agustus 2018.

"Jadi kami berharap selanjutnya studio ini bisa dimanfaatkan untuk wisata," ucap Jokowi di Sleman, Jawa Tengah, Minggu (15/7/2018).

Bukan tanpa alasan mantan gubernur DKI Jakarta ini meminta hal tersebut. Menurut Jokowi, orang-orang sekarang ini lebih tertarik berwisata karena adanya daya tarik 'pengalaman' yang bisa mereka dapat.

Bukan sekadar belanja buah tangan khas suatu daerah. Khususnya, lanjut Jokowi, bagi anak-anak muda masa kini.

"Tapi ingin mencari pengalaman mencari experience. Sehingga nantinya kalau sudah ke sini pakai smartphone bisa diunggah di Instagram, di Facebook. Senangnya anak-anak sekarang seperti itu," ujar Jokowi.

"Jadi kalau nanti melihat studio yang ada di sini, saya kira desa Gamplong ini akan menjadi terkenal. Ekonomi juga hidup, yang kita harapkan itu," Jokowi memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hibah

Sebagai informasi, Studio tersebut dihibahkan oleh pengusaha Mooryati Soedibyo kepada masyarakat setempat. Penyerahan perangkat bangunan dan lingkungannya itu dihadiri langsung oleh Jokowi.

Studio alam tersebut sebelumnya menjadi tempat pengambilan gambar film Sultan Agung: The Untold Love Story besutan sutradara Hanung Bramantyo dan akan dirilis pada 9 Agustus 2018.

Inilah yang ia rasa bisa menjadi salah satu daya tarik wisata di sana. Jokowi pun mengapresiasi ide Mooryati yang juga menjadi produser eksekutif untuk film tersebut melalui Mooryati Soedibyo Cinema. Ia menganggap gagasan pengibahan itu sebagai ide yang segar.

"Saya ingin mengajak kepada kita semuanya untuk bertepuk tangan menghormati ibu Mooryati Soedibyo. Beliau ini walaupun sudah berumur 90 tahun tapi ide-ide nya kekinian. Tetap mengikuti tren," kata Jokowi.

"Seperti pada sore hari ini, ide beliau untuk menghibahkan studio alam di desa Gamplong, Kabupaten Sleman," ucapnya lagi.

Perangkat bangunan dan lingkungannya berupa studio alam tersebut terletak di atas lahan seluas dua hektar. Sebelumnya, pemerintah desa setempat memberikan izin lahan tersebut kepada pengelola selama 20 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.