Sukses

Rumput Danau Toba Juga Jadi Kendala Pencarian Korban KM Sinar Bangun

Paulus mengungkapkan, biasanya rumput yang berada di dalam danau itu menarik benda-benda yang melintas di atasnya.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Sumatera Utara terus mencari korban Kapal KM Sinar Bangun bersama tim gabungan dari Basarnas dan TNI. Kapal yang membawa hampir 200 penumpang tersebut tenggelam pada Senin 18 Juni lalu.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, selama dalam proses pencarian korban oleh tim SAR yang dipimpin Basarnas, terdapat beberapa kendala. Salah satunya rumput Danau Toba yang berada di kedalaman.

"Di bawah struktur danau ini memang beda. Jadi banyak rumput atau ganggangnya," kata Paulus di Mapolda Sumatera Utara, Kamis (28/6/2018).

Mantan Kapolda Papua ini mengungkapkan, biasanya rumput yang berada di dalam danau itu menarik benda-benda yang melintas di atasnya. Apa pun yang memberikan gerakan, pasti rumput itu akan bergerak dan melilitnya.

"Umumnya mereka terjerat dan tak bisa keluar," ungkap Paulus.

Selain itu, faktor kedalaman kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba yang mencapai 450 meter itu juga menjadi kendala untuk mengevakuasi para korban.

Dirinya pun menjelaskan, sebelum KM Sinar Bangun tenggelam, helikopter lebih dulu tenggelam di Danau Toba. Sampai sekarang korban dan bangkai helikopter tersebut belum dapat ditemukan.

"Padahal, jatuhnya tidak di tengah, cukup dekat dengan pesisir," pungkas Paulus.

 

Reporter: Nur Habibie

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.