Sukses

Menag Minta Petugas Haji Jadi Role Model Jemaah Indonesia di Tanah Suci

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta petugas mencintai jemaah haji Indonesia bisa melayani dengan ikhlas.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta petugas mencintai jemaah haji Indonesia bisa melayani dengan ikhlas.

“Saya minta kepada semua petugas haji menguasai betul semua prosesi perhajian,” kata Lukman saat membuka pelatihan PPIH Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Sabtu 26 Mei 2018 malam.

Lukman juga minta para petugas haji memahami hak-hak jemaah dan seluruh kewajiban petugas secara jelas. Selain itu, Lukman juga menekankan agar para petugas menjalankan lima nilai budaya kerja, yakni integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan.

"Agar fungsi utama kita dalam melayani jamaah bisa optimal, semua petugas dapat mengantisipasi perubahan-perubahan keadaan di Arab Saudi yang terkadang melenceng dari rencana dan rancangan pengelola haji Indonesia,” kata Lukman.

Para petugas PPIH Arab Saudi adalah duta bangsa Indonesia. Lukman berharap mereka dapat menjaga nama baik bangsa , terlebih berada di negara orang lain.

"Saudara-saudara adalah duta bangsa, yang menjadi rool model, bahkan tempat rujukan bertanya oleh jemaah haji Indonesia,” kata Lukman seperti dilansir kemenag.go.id.

Fungsi utama petugas PPIH adalah melayani jemaah haji secara optimal.

“Saya meyakini penyelenggaraan ibadah haji tahun ini bisa lebih baik. Sebab, Kementerian Agama telah banyak bekerjasama dengan berbagai institusi seperti Kemenkes, Ormas, TNI, Pondok Pesantren dan lainnya,” kata Menag.

Peserta PPIH Arab Saudi sebanyak 780 orang dengan rincian 478 orang merupakan utusan Kemenag, TNI/Polri dan instansi lainnya. Dan sebanyak 302 orang merupakan petugas layanan kesehatan dari kemenkes.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.