Sukses

200 Mubalig Pilihan Kementerian Agama

Kementerian Agama merilis 200 nama mubalig yang direkomendasikan sebagai penyiar agama Islam.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) merilis daftar nama mubalig atau penyiar agama Islam yang direkomendasikan. Jumlahnya mencapai 200 mubalig.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyebut, rilis dibuat berdasarkan usulan dari masyarakat. Termasuk ormas Islam, pengurus masjid, dan juga akademisi.

"Kami menerima banyak sekali masukan dari masyarakat. Dengan senang hati kami akan merilis beberapa yang belum masuk. Kami sudah menyatakan bahwa rilis ini sifatnya dinamis," kata Lukman.

Untuk itu, Kemenag membuka ruang bagi publik yang ingin menyampaikan usulan seputar nama-nama mubalig ini. Caranya, dengan mengirimkan langsung usulan tersebut melalui Whatsapp ke nomor 0811-8497-492

Selengkapnya seputar 200 mubalig ini dapat dilihat dalam Infografis di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanpa Motif Politik

Lukman menegaskan, sama sekali tidak ada motif politik dalam rilis mubalig ini. Daftar 200 mubalig dibuat secara alamiah, sesuai daftar usulan yang masuk dari pengurus ormas keagamaan, masjid besar, dan lainnya.

Jika ada mubalig dengan jutaan viewer tapi belum masuk dalam daftar, hal itu semata karena belum masuk dalam usulan.

"Itu bukti tidak ada motif politik di sini. Sama sekali tidak ada. Kalau kami berpolitik praktis, tentu kami hanya akan masukan yang pengikutnya besar saja," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Minta Rilis Dicabut

Politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais meminta, Kemenag mencabut rekomendasi tersebut. Alasannya, rekomendasi 200 mubalig itu dinilai menimbulkan kegaduhan.

"Saya mengimbau sesegera mungkin daftar 200 mubalig itu ditarik, dibatalkan dan tidak akan diperpanjang lagi. Karena kalau ditambah lagi, nanti mau jadi berapa ribu malah menambah kegusaran dan kegaduhan," kata Amien di Gedung DPR, Jakarta, 21 Mei 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.