Sukses

Kebangkitan Nasional, Kemendikbud Ingatkan soal Komitmen Kebangsaan

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional menjadi momentum penting di tengah masalah kebhinekaan dan disintegrasi bangsa, yang sedang dihadapi Bangsa Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid menilai pentingnya mengingatkan kembali soal komitmen kebangsaan masyarakat pada 110 tahun Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).

Hilmar Farid dalam pembukaan Festival Museum Kebangkitan Nasional di Jakarta, Minggu, mengatakan peringatan Harkitnas menjadi momentum penting di tengah masalah kebhinekaan, disintegrasi bangsa, beragam persoalan kompleks yang sedang dihadapi Bangsa Indonesia.

"Jadi ini penting untuk menegaskan kembali komitmen kebangsaan, bangsa ini kan sebetulnya diikat oleh komitmen bukan karena materi bukan karena hal-hal lain tapi karena adanya komitmen kebangsaan," kata Hilmar Farid.

Oleh karena itu, dia menekankan pentingnya masyarakat untuk kembali mengingat betapa komitmen kebangsaan telah menyatukan para pemuda dari berbagai pelosok nusantara untuk mendirikan organisasi Boedi Oetomo pada 1908.

"Bagaimana para pemuda di masa lalu dengan segala keterbatasannya berhasil mengikatkan diri mereka menjadi satu, modalnya jiwa kebangsaan yang membimbing mereka," ujar Hilmar seperti dilansir Antara.

Menurut dia, tujuan utama mereka yang terbesar yakni menyelenggarakan pendidikan untuk kaum marjinal sehingga solusi persoalan bangsa diperoleh.

Hilmar mencontohkan, ternyata masih ada orang-orang yang bersuka rela menyelenggarakan pendidikan untuk masyarakat tidak mampu seperti yang dilakukan oleh Sekolah Kartini.

Hal itu tidak lain didorong oleh komitmen kebangsaan yang menurut dia menyadarkan orang-orang tertentu untuk merasa terpanggil melayani bangsa ini.

Pihaknya menyelenggarakan Festival Museum Kebangkitan Nasional 2018 salah satunya untuk mendorong masyarakat agar terketuk kembali komitmennya untuk bangsa Indonesia.

Pihaknya bahkan menghadirkan keluarga dari para pendiri Boedi Oetomo yakni para cucu dan cicit yang diharapkan menjadi inspirasi komitmen kebangsaan bagi masyarakat.

Beberapa kegiatan dikemas di antaranya festival tersebut diramaikan oleh beragam kegiatan dan penampilan artis seperti David Nurbianto dan juga Maliq & D'Essentials.

Kegiatan ini direncanakan berlangsung selama empat bulan dimulai dari 20 Mei 2018 sampai dengan 14 Agustus 2018.

Pembukaan festival dilaksanakan di Museum Kebangkitan Nasional di Jalan Abdul Rachman Saleh 26 Senen, Jakarta Pusat yang dipandu oleh dua pembawa acara kondang, Danang dan Darto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemeriahan Festival Kebangkitan Nasional

Beragam aktivasi acara yang dihadirkan dalam Festival Museum Kebangkitan Nasional antara lain adalah selfie competition, souvenir gratis, peluang mendapatkan doorprize, photo booth, dan bazar Ramadhan.

Selain itu juga ada lomba dan kontes dengan hadiah total jutaan rupiah yang dapat diikuti oleh masyarakat umum sesuai dengan kategori lomba dan kontes lomba dan kontes tersebut di antaranya lomba paduan suara, kompetisi film pendek, kompetisi band cover lagu nasional, lomba sketsa, dan kontes fotografi.

Kegiatan Festival Museum Kebangkitan Nasional ini terbuka untuk umum, dimana pengunjung yang datang hanya dipungut tiket masuk museum seperti halnya kunjungan hari biasa.

Selain dapat menikmati hiburan, dengan digelarnya festival ini sekaligus sebagai upaya promosi museum agar semakin banyak diapresiasi masyarakat.

Kepala Museum Kebangkitan Nasional, Mardi Thesianto, menyebutkan jika inti dari seluruh kegiatan yang diselenggarakan oleh Museum Kebangkitan Nasional adalah untuk menjadikan museum sebagai ruang publik, ruang yang aspiratif, dan juga menyimpan sekaligus menjaga memori kolektif bangsa, khususnya bagi generasi muda.

"Ini merupakan salah satu upaya agar negara dapat hadir langsung ketengah-tengah kehidupan masyarakat," pungkas Mardi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.