Sukses

Ada Aksi 115 Bebaskan Baitul Maqdis, Kantor Sekitar Monas Tetap Buka

Selain perkantoran, MC Donalds dan Starbuck yang berada di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat juga tetap buka seperti biasa, meski ada aksi 115 Bebaskan Baitul Maqdis.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan orang sudah memadati kawasan Monas untuk mengikuti aksi 115 yang bertema Bebaskan Baitul Maqdis, Jumat (11/5/2018). Massa berdatangan dari berbagai kelompok, hal ini terlihat dari pakaian dan spanduk yang gunakan.

Meski aksi 115 berlangsung, namun aktivitas di sekitar kawasan Monas tetap berjalan normal. Kantor-kantor tetap buka, termasuk juga gerai makanan dan minuman milik asing.

Seperti MC Donalds dan Starbuck yang berada di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat. Dua gerai makanan dan minuman yang diketahui berasal dari Amerika Serikat ini tetap buka seperti biasa.

"Kita buka seperti biasa, tidak ada imbauan apa-apa," ujar seorang karyawan di Mc Donalds Sarinah saat dihubungi Liputan6.com, Jumat.

Karyawan Starbuck di Djakarta Theater (Skyline) malah mengaku mengetahui ada aksi Baitul Maqdis  dari personel TNI yang berjaga di sekitar gedung.

"Baru tahu tadi ada aksi dari Marinir di depan. Kita tetap buka, semuanya normal," ucap Apri, karyawan Starbuck Skyline.

Situasi normal juga disampaikan seorang karyawan sebuah bank swasta nasional yang berkantor di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Menurut Ola, jalanan cenderung lancar mulai dari Sudirman Park, Bendungan Hilir, Tanah Abang, dan Jalan Thamrin.

"Tanah Abang yang biasanya macet, malah lancar nih," kata Ola kepada Liputan6.com yang menghubunginya. Dia juga tidak melihat penjagaan ketat aparat di sekitar lokasi yang dilalui, yang tak jauh dari Monas, tempat aksi 115 Bebaskan Baitul Maqdis berlangsung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jakarta Aman

Sementara Yanti, seorang karyawan PT Timah yang berkantor di kawasan Gambir, Jakarta Monas, memilih menggunakan kereta menuju tempat kerja, setelah ada informasi dari tempatnya bekerja untuk tidak membawa kendaraan pribadi.

Kepolisian Daerah Metro Jaya memastikan tidak ada status siaga satu yang diberlakukan di Ibu Kota Jakarta pada Jumat (11/5/2018), terkait adanya aksi 115 yang diikuti oleh berbagai ormas Islam yang digelar di jantung Ibu Kota.

"Jakarta kondusif, nggak masalah," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat (11/5/2018).

"Silahkan beraktifitas seperti biasanya," ucap dia.

Argo menegaskan, sebanyak 35.000 anggota polisi disiagakan untuk mengamankan aksi 115 ini. "Ini kegiatan agama, kegiatan masyarakat. Jangan sampai ada yang menyusup," kata dia. Sehingga, Argo pun kembali menegaskan jika saat ini Jakarta aman dan kondusif.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.