Sukses

Tanggapan Menko Luhut terkait Pernyataan Amien Rais soal Partai Setan

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais memancing polmeik dengan pernyatannya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Luhut Binsar Panjaitan meminta agar para tokoh politik untuk berhati-hati dalam mengeluarkan pernyataannya.

Hal ini menyusul pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yang mendikotomikan partai-partai politik di Indonesia yaitu partai Allah dan partai setan.

"Kalau sudah tua-tua gitu musti dipilah-pilah lah (jika mengeluarkan pernyataan)," ujar dia usai menghadiri Seminar Nasional Kehumasan Pemerintah di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Namun Luhut enggan berkomentar lebih lanjut terkait hal tersebut. Termasuk soal Amien Rais yang dilaporkan ke Polda Metro Jaya akibat pernyataannya tersebut.

"Enggak usah tanya yang gitu-gitu, nanya yang lain saja lah," tandas Luhut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitasi Polemik

Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia Komjen Pol Syafruddin menegaskan pihaknya akan jadi fasilitator terkait polemik ceramah politikus PAN Amien Rais di Masjid Baiturrahim, Jakarta. Dalam ceramahnya, Amien Rais mengungkap dikotomi partai setan dan partai Allah.

"Dewan Masjid akan menjadi fasilitator yang baik," ujar Syafruddin usai menghadiri acara Islamic Youth Economic Forum di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Minggu (15 April 2018).

Kemudian, Syafruddin pun tidak mau menanggapi terkait pernyataan Amien Rais yang mengatakan 'Partai Setan' dan 'Partai Allah'. Dia hanya menegaskan akam jadi fasilitator terkait polemik tersebut.

"Jadi fasilitator yang baik," kata Syafruddin.

Dia juga menjelaskan, DMI tidak berhak untuk mengatur kegiatan masjid. "Kita tidak boleh ngantur-ngatur masjid," kata Syafruddin.

Sebelumnya diketahui dalam sebuah ceramah di Masjid di kawasan Jakarta Selatan, Amien mendikotomikan adanya partai setan dan partai Allah.

Mulanya, dia mengajak semua pihak termasuk PAN, PKS, dan Gerindra bersama umat Islam berjuang bersama membela agama.

Kemudian, Amien Rais menyebutkan, sebaliknya ada pula partai besar yang bergabung dengan partai setan. Namum, saat dikonfirmasi partai mana yang dimaksud partai setan, Amien Rais enggan menjawab.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.