Sukses

Wujudkan Generasi Muda Indonesia Bebas Diabetes, Perusahaan Ini Lakukan Program Beri Edukasi Masyarakat

Guna membantu jutaan keluarga menjalani kehidupan lebih sehat dan mewujudkan generasi Indonesia bebas diabetes, Sun Life bersama Wahana Visi Indonesia mengadakan program Build Our Kids’ Success (BOKS).

Liputan6.com, Jakarta - Guna membantu jutaan keluarga menjalani kehidupan lebih sehat dan mewujudkan generasi Indonesia bebas diabetes, Sun Life bersama Wahana Visi Indonesia mengadakan program Build Our Kids’ Success (BOKS).

VP Branding, Communications and Client Experience Sun Life Indonesia Kaiser Simanungkalit menjelaskan, BOKS adalah sebuah program yang berfokus pada membangun kebiasaan bagi anak-anak usia sekolah di Indonesia untuk melakukan aktivitas fisik melalui lingkungan belajar serta bermain aman dan suportif.

"Di tahun keduanya, program ini telah mendukung lebih dari 13.900 anak di DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk hidup lebih sehat dan aktif serta meminimalisir risiko diabetes tipe 2 pada anak-anak lewat kebiasaan baik tersebut," ujar Kaiser melalui keterangan tertulis, Selasa (14/11/2023).

Menurut dia, pihaknya dari waktu ke waktu terus berupaya untuk mengedukasi keluarga Indonesia mengenai ancaman diabetes tipe 2, terutama pada anak-anak.

Sebab, Kaiser menjelaskan, berdasarkan hasil penelitian Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bahwa prevalensi kasus diabetes pada anak hingga Januari 2023 meningkat 70 kali lipat.

Peningkatan tersebut, kata dia, dapat dipicu oleh beragam faktor, salah satunya metabolic syndrome seperti kelebihan berat badan yang disebabkan oleh mengonsumsi makanan manis berlebih, intensitas olahraga rendah, dan perilaku sedentari tidak dibatasi.

"Melalui dukungan penuh dan kolaborasi dari berbagai pihak, termasuk Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Kabupaten Manggarai, Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai, Palang Merah Indonesia (PMI), serta tenaga ahli dan profesional yang turut menyukseskan BOKS di tahun keduanya, program BOKS berhasil menjangkau 50 sekolah dasar dan 24 kelompok anak yang tersebar di Kabupaten Manggarai dan Kabupaten Manggarai Barat, serta DKI Jakarta melalui program edukasi komprehensifnya," terang Kaiser.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lindungi Generasi Muda

Kaiser mengungkapkan, pihaknya memastikan generasi mendatang dapat terlindungi dari ancaman diabetes tipe-2 selalu menjadi misi sosial di Indonesia.

"Sejak 2021, Sun Life dan Wahana Visi Indonesia secara konsisten mendorong gaya hidup aktif dan sehat melalui BOKS sebagai bentuk pencegahan dini dari diabetes tipe-2. Di tahun keduanya, kami telah memperluas jangkauan BOKS ke Kabupaten Manggarai, NTT dan kehadiran kami disambut hangat oleh Pemerintah setempat," ucap dia.

"Kami sangat berterima kasih atau dukungan dari berbagai pihak yang turut menyukseskan perjalanan BOKS di tahun kedua. Selain itu, bertepatan dengan Hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada 14 November ini turut menandai awal mula perjalanan BOKS di tahun ketiga. Kami berharap kontribusi kami dapat membantu mewujudkan generasi Indonesia bebas diabetes," sambung Kaiser.

 

3 dari 4 halaman

Program Telah Dijalankan di Sejumlah Negara

Kaiser menyebut, program BOKS telah sukses dijalankan di sejumlah negara dan Indonesia sendiri menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang mengimplementasikan program tersebut sejak 2021 melalui kemitraan Sun Life dan Wahana Visi Indonesia.

Menurut dia, sejak fase awal pelaksanaannya, secara keseluruhan program BOKS telah berhasil mengedukasi pentingnya gaya hidup aktif dan sehat kepada 26.120 anak yang tersebar di 102 sekolah dasar dan 82 kelompok anak di wilayah NTT, tepatnya di Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Timur, dan Kabupaten Manggarai Barat, serta DKI Jakarta dan melatih 170 guru serta 93 relawan kelompok anak melalui program Training of Trainers (ToT).

"Di tahun ketiganya, program BOKS akan memperluas jangkauannya di Indonesia dengan menargetkan lebih dari 12.900 anak yang tersebar di 40 sekolah dan 10 kelompok anak, mulai dari Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Kabupaten Kupang di wilayah NTT, serta DKI Jakarta," papar dia.

"Melalui program BOKS ini, kami berharap dapat membantu pemerintah Indonesia dalam mencegah diabetes tipe-2 pada anak-anak Indonesia sejak dini. Sun Life akan terus berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis untuk menghadirkan solusi inovatif melalui program tanggung jawab sosial dan juga menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia yang dapat merasakan manfaat dari program-program tersebut," tutup Kaiser.

 

4 dari 4 halaman

Sampaikan Terima Kasih

Sementara itu, Plt Direktur Operasional Wahana Visi Indonesia Eben Ezer Sembiring menambahkan, kehadiran BOKS di Kabupaten Manggarai telah memberikan warna baru bagi kehidupan anak-anak di wilayah tersebut.

"Pencapaian ini tidak terlepas dari intervensi yang kami lakukan dengan meningkatkan kapasitas guru dan kepala sekolah untuk dapat melakukan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif melalui permainan, sehingga memotivasi anak untuk terus bergerak aktif selama di sekolah," kata dia.

"Selain itu, BOKS juga memberikan edukasi mengenai pola hidup dan gizi seimbang serta melibatkan orang tua murid untuk membuat kebiasaan baik ini berlanjut hingga di lingkungan rumah," sambung Eben.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.