Sukses

Kesaksian Warga soal Pesawat Latih Jatuh di Cilacap

Sebelum terjatuh di sekitar Bandara Tunggul Wulung, Cilacap, warga sempat melihat pesawat latih tersebut berputar-putar seperti sedang berakrobat. Namun tak lama terdengar suara ledakan keras.

Fokus, Cilacap - Sebuah pesawat latih milik sekolah penerbangan Ganesha mengalami kecelakaan hingga terjatuh di area sekitar Bandara Tunggul Wulung, Cilacap, Jawa Tengah. Akibat kejadian tersebut, pilot pesawat tewas.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Rabu (21/3/2018), pesawat nahas tersebut adalah pesawat latih PK-RTZ milik Ganesha Flight Academy. Pesawat jatuh saat tengah digunakan untuk latihan atraksi akrobatik pesawat, yang rencananya akan ditampilkan pada acara wisuda sekolah penerbangan tersebut. Pesawat yang jatuh tercatat tengah dipiloti kolonel penerbang M.J. Hanafie.

Dalam insiden yang terjadi Selasa, 20 Maret 2018, sekitar pukul 15.00 itu, sang pilot pesawat tewas seketika. Jenazah korban langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Pertamina Cilacap.

Menurut warga yang tinggal tak jauh dari lokasi jatuhnya pesawat, sebelumnya pesawat tampak berputar-putar melakukan atraksi akrobatik di udara. Hingga akhirnya terdengar suara keras mirip ledakan saat pesawat terjatuh.

Dari informasi yang bisa dihimpun di lokasi, pesawat yang take off dari Bandara Tunggul Wulung Cilacap itu terbang terlalu rendah saat melakukan aksi arobatik di udara, hingga mengakibatkan pesawat kehilangan daya angkat, lalu hilang kendali dan jatuh menabrak sejumlah pesawat lain yang tengah parkir di apron dan hanggar milik sekolah penerbangan tersebut.

Hingga kini belum ada pihak yang bersedia memberi keterangan resmi terkait jatuhnya pesawat, dan masih menunggu hasil identifikasi tim dari Komite Nasional Keselamatan Penerbangan atau KNKT.