Sukses

Kemdikbudristek Ajak Sineas Berbakat Bikin Film Anak dengan Latar Belakang Budaya

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Media Kebudayaan (BMK) menggelar program Open Call Layar Anak Indonesiana 2023 kepada para sineas berbakat untuk membuat film anak bertema kebudayaan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Media Kebudayaan (BMK) menggelar program Open Call Layar Anak Indonesiana 2023 kepada para sineas berbakat untuk membuat film anak bertema kebudayaan.

Open Call Layar Anak Indonesiana 2023 juga wujud implementasi kebijakan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek guna meningkatkan pengelolaan, publikasi, dan penyebarluasan konten budaya, salah satunya khusus untuk literasi anak-anak Indonesia.

Selama Open Call Layar Anak Indonesiana 2023, para sineas dapat mengirimkan proposal produksi film fiksi dan dokumenter anak Indonesia berlatar bddaya dan kearifan lokal hingga 16 Mei 2023.

Nantinya, proposal terbaik terpilih akan difasilitasi produksinya dan ditayangkan filmnya pada kanal Indonesiana.TV yang dikelola Kemendikbudristek.

Menurut Kepala BMK Kemendikbudristek Retno Raswaty, keinginan dari program Layar Anak Indonesiana 2023 dapat meningkatkan tersedianya tayangan anak Indonesia yang mempunyai identitas pendidikan karakter, nilai budaya, tradisi, dan paling utama mendukung pemajuan kebudayaan.

"Indonesia adalah bangsa yang beragam budaya hasil proses interaksi kehidupan masyarakat. Hal tersebut patut diwariskan pada setiap generasi, terutama anak-anak, agar menyadari dan menciptakan kepedulian merawat nilai otentik bangsanya,” ujar Retno, Rabu (19/4/2023).

Kemudian Retno menambahkan, sejak dulu telah banyak informasi untuk anak-anak yang menggambarkan budaya seperti cerita rakyat, legenda, berkembang menjadi narasi dalam buku, dan kini seiring kemajuan teknologi makin luas lagi yaitu film.

"Publikasi itulah yang ingin dijaga dari Layar Anak Indonesiana sekaligus penyebarluasan konten kebudayaan Indonesia yang menginformasikan segala keunikan tradisi, adat, maupun seninya," ucap Retno.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ciptakan Film Anak Bermutu

Ketua Panitia Program Open Call Layar Anak Indonesiana 2023 Rina Damayanti menuturkan, Layar Anak Indonesiana.TV merupakan sebuah ruang partisipasi sineas dari seluruh Indonesisa untuk berkarya membuat film pendek anak-anak yang bermutu, berunsur keunikan lokal, serta orisinal.

"Harus menarik sebab film uang diproduksi diperuntukkan untuk anak dan mengangkat 10 Objek Pemajuan Kebudayaan Indonesia," papar Rina.

Rina mengungkapkan, segmen produksi film pada Layar Anak Indonesiana TV menyasar segmen anak-anak berusia 7-12 tahun.

 

3 dari 3 halaman

Proposal Film yang Dikirim

Sebagai informasi, produksi film yang dijabarkan dalam proposal dikirim haruslah memenuhi syarat substansi yaitu merupakan representasi satu atau lebih dari sepuluh obyek pemajuan kebudayaan, memberi tambahan pengetahuan untuk anak-anak serta keluarga, dan sesuai dengan karakteristik konten Indonesiana TV.

Nantinya 20 proposal terbaik akan dipilih hasil seleksi panitia dan tim kurator yang terdiri dari sepuluh proposal film fiksi dan sepuluh film dokumenter untuk anak-anak.

Pelaksanaan Open Call Layar Anak Indonesiana 2023 merupakan implementasi dari penguatan ekosistem perfilman nasional sekaligus ruang keterlibatan publik dalam memproduksi film berkualitas sesuai tujuan kehadiran kanal Indonesiana.TV. Informasi lengkap mengenai Layar Anak Indonesiana dapat diakses melalui laman web Layaranak.indonesiana.tv atau media sosial Indonesiana.tv.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.