Sukses

Rayakan Malam Tahun Baru di Puncak, Perhatikan Hal Ini

Tingginya animo masyarakat membuat jalur Puncak lumpuh tiap malam tahun baru.

Liputan6.com, Jakarta - Puncak Bogor, Jawa Barat selalu menjadi magnet bagi masyarakat yang ingin menghabiskan malam pergantian tahun. Tingginya animo masyarakat membuat jalur Puncak lumpuh tiap malam tahun baru.

Agar perayaan malam Tahun Baru 2018 Anda di Puncak tidak gagal, perhatikan hal-hal berikut ini.

Arus lalu lintas dari Jakarta menuju puncak Cianjur, Jawa Barat akan ditutup pada Minggu 31 Desember 2017 pukul 18.00 WIB sampai Senin 1 Januari 2018 pukul 06.00 WIB. Selama itu, polisi hanya memberlakukan sistem satu arah dari puncak Cianjur menuju Jakarta.

"Arus lalu lintas dari Jakarta menuju puncak akan dialihkan melalui jalur Sukabumi (jalur puncak akan ditutup selama 12 jam)," ujar Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (28/12/2017).

Hasby menuturkan, kondisi jalur Puncak pada malam pergantian tahun selalu dipadati pengunjung. Karena itu, polisi mengimbau agar pengguna jalan tetap mematuhi peraturan lalu lintas.

"Dengan tidak parkir di bahu dan badan jalan, tetap sabar di antrean, dan tidak mengambil jalur dari arah berlawanan," kata dia.

Polisi juga meminta agar masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan selama berada di Puncak. Terutama terhadap kondisi cuaca yang tidak menentu.

"Dikarenakan curah hujan cukup tinggi, kabut tebal, dan rawan longsor," ucap Hasby.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan Kapolri

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyampaikan, jalur arah Puncak, Bogor, akan ditutup pada malam pergantian Tahun Baru 2018. Dia mengimbau agar Puncak dijadikan kawasan bebas kendaraan sementara.

"Puncak, saya minta penekanan khusus di Puncak ditutup, car free night tidak ada kendaraan di tanggal 31 Desember malam tahun baru," tutur Tito di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (28/12/2017).

Menurut Tito, terobosan itu akan menjadi pertama kalinya dilakukan. Penutupan jalan berlaku pukul 18.00 WIB sampai dengan 06.00 WIB pagi di kedua arah jalan.

"Untuk kendaraan naik atau turun," ucap dia.

Tito mengatakan, jalur yang ditutup dimulai dari Ciawi hingga Cianjur dan arah sebaliknya.

Kendaraan yang diperbolehkan melintas hanya yang nantinya disediakan saja. Sementara pengunjung lainnya juga dapat menikmati malam tahun baru 2018 dengan berjalan kaki.

"Yang naik saya imbau kepada masyarakat supaya sebelum jam 18.00 WIB, di atas jam 24.00 WIB tak usah naik lagi ke atas (Puncak). Sebaliknya dari Cianjur juga akan ditutup," Tito menandaskan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.