Sukses

Gereja Katedral: Terima Kasih Aparat dan GP Ansor Amankan Natal

Susyana berterima kasih kepada pengurus Masjid Istiqlal khususnya soal pemberian lahan parkir bagi jemaat yang melaksanakan misa Natal.

Liputan6.com, Jakarta - Ibadah Misa Natal masih berlangsung di Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Sampai siang ini, sekitar pukul 11.53 WIB, seluruh rangkaian acara perayaan Natal masih berjalan lancar tanpa kendala. Ribuan jemaat datang silih berganti mengisi ruang peribadatan.

Humas Keuskupan Agung Katedral Susyana Suswadie mengucapkan terima kasih kepada aparat gabungan yang berjaga. Baik dari TNI, Polri sampai anggota Satpol PP DKI Jakarta. Tidak hanya kepada aparat, panitia perayaan Natal juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

"Semalam sudah misa Natal sampai 3 gelombang, dihadiri ada 15 ribu umat. Terima kasih kepada aparat terkait. Dan kami juga ucapkan terima kasih kepada GP Ansor yang menurunkan anggotanya berjaga. Ada 50 personel makasih dan puji Tuhan berlangsung aman," kata Susyana di lokasi, Jakarta Pusat, Senin (25/12/2017).

Susyana pun tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada pengurus masjid Istiqlal dan umat yang selalu membantu, khususnya soal pemberian lahan parkir bagi para jemaat.

Menurut dia, pemandangan malam misa Natal sampai hari ini meninggalkan kesan mendalam bagi seluruh jemaat yang hadir.

"Kita dengan Masjid Istiqlal itu saling bertoleransi. Pihak Istiqlal itu memberi lahan parkir. Dan begitu pula sebaliknya saat Idul Fitri. Dan saling mendukung itu membuat kesan mendalam bagi tamu yang datang maupun umat," ujar Susyana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diprediksi Sampai 10 Ribu Umat

Di sisi lain dia menambahkan, saat ini diperkirakan ada 10 ribu umat yang bergantian menghadiri misa Natal sampai sore nanti. Untuk itu dirinya berharap misa Natal bisa berjalan lancar sampai di ujung acara.

"Hari ini dari 8 ribu sampai 10 ribu yang akan hadir. Puji Tuhan semoga lancar," dia memungkasi.

3 dari 3 halaman

Jemaat Khusyuk

Senin (25/12/2017) di ruang peribadatan, Misa Natal dipimpin oleh Romo Alexius Andang Listya Binawan dan Romo Joannes Maryana. Keduanya pun mengisi khotbah bergantian.

Para jemaat terlihat khusyu mengikuti misa Natal. Tidak hanya yang berada di ruang peribadatan, para jemaat juga mengikuti Misa Natal dari halaman gereja yang sudah dipersolek. Tenda dan layar besar terpasang di halaman gereja.

Sementara pengamanan dilakukan pihak kepolisian di kawasan gereja. Dua tenda tim gegana berdiri di sebrang gereja atau depan jalan masjid Istiqlal. Arus lalu lintas pun terbilang lancar, meski ada beberapa mobil yang parkir di pinggir jalan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.