Sukses

Prewedding Berlatar Erupsi Gunung Agung, Siapa Takut?

Wisata erupsi Gunung Agung dapat dilakukan asalkan berada di radius aman.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho terus mengampanyekan Bali aman dari erupsi Gunung Agung. Salah satunya dengan mengunggah foto prewedding dua sejoli berlatar belakang erupsi Gunung Agung.

"Foto pre wedding di Bukit Cinta dengan latar belakang erupsi Gunung Agung pada 29/11/2017. Keren kan?" cuit Sutpo di akun twitternya, @Sutopo_BNPB, Selasa (19/12/2017).

Menurut Sutopo, wisata Gunung Agung dapat dilakukan asalkan berada di radius aman. 

"Asal di luar radius berbahaya maka aman. Semoga cintanya terus bergelora laksana gemuruh asap abu vulkanik yang keluar dari Gunung Agung. Di balik musibah tersimpan berkah," lanjut Sutopo.

Meski begitu, ia tetap mengingatkan bahwa status Gunung Agung saat ini masih Awas. Sebab, aktivitas vulkanik di Gunung Agung masih cukup tinggi.

"PVMBG masih menetapkan status Gunung Agung Awas (level 4). Tidak ada penurunan status. Masih tetap AWAS. Aktivitas vulkanik masih cukup tinggi. Di dalam radius 8-10 km adalah zona berbahaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bali Aman

Ia juga menegaskan, di luar radius berbahaya, kondisi pulau dewata aman untuk dikunjungi.

"Di luar radius itu Bali aman. Bali tetap dapat dikunjungi dengan aman. Bandara normal," ungkap  Sutopo.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meminta para turis agar tidak takut menghabiskan waktu liburan Natal dan tahun baru 2018 di Bali. Ia menegaskan bahwa Pulau Dewata aman untuk dikunjungi.

Menurut Luhut, pemerintah sempat membuat kekeliruan terkait status Gunung Agung.

"Mengenai Gunung Agung, status Gunung Agung itu saya sampaikan sekali lagi, kita harus akui mungkin kami membuat assessment yang keliru," kata Luhut usai video conference jelang perayaan Natal dan tahun baru bersama Kapolri serta sejumlah menteri di Mabes Polri, Jakarta, Senin (18/12/2017).

 

3 dari 3 halaman

Tak Berdampak ke Seluruh Bali

Luhut mengatakan, status awas yang sempat diumumkan ternyata hanya untuk radius 10 kilometer. Menurut dia, erupsi Gunung Agung tidak berdampak luas ke seluruh Bali.

"Maka (status) awas yang bisa membuat gangguan itu hanya 10 kilometer radius Gunung Agung. Jadi saya ulangi tidak ada dampaknya ke seluruh Bali," terang Luhut.

Untuk menyakinkan Bali aman, Presiden Joko Widodo memerintahkan agar rapat terbatas dilakukan di Bali pada 22 Desember mendatang. Dia beralasan Bali merupakan destinasi wisata nomor satu di dunia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.