Sukses

Bukan Anang, PAN Akan Usung Calon Ini di Pilgub Jatim

Liputan6.com, Jakarta - Menghadapi lawan-lawannya yang telah menetapkan calon mereka di Pilkada Jawa Timur 2018 mendatang, Partai Gerindra akhirnya menemukan calon yang akan diusung di pilkada tersebut.

Satu nama yang sudah mencuat sebagai calon gubernur yang akan diusung Gerindra adalah La Nyalla Mataliti, mantan Ketua Umum PSSI.

Kendati demikian, Gerindra masih belum memiliki calon yang akan dipasangkan dengan La Nyalla sebagai wakil gubernur. Nama politikus Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga seorang musisi, Anang Hermansyah, pun disebut-sebut sebagai calon pendamping La Nyalla.

Dikonfirmasi hal ini, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno mengatakan, Anang mengaku belum bersedia maju di Pilkada Jawa Timur mendatang.

"Gerindra memang sudah memberikan surat tugas kepada La Nyalla untuk mencari pendamping di pilkada, tetapi dari kita, mas Anang belum bersedia," ujar Eddy kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (11/12/2017).

Alasannya, lanjut Eddy, selama ini dari survei elektabilitas yang dilakukan, masih belum ada calon lain yang mampu menandingi Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Lalu siapa yang akan diusung PAN dalam Pilkada Jatim nanti? Eddy mengatakan, hal itu akan diumumkan dalam minggu ini.

"Minggu-minggu ini, paling tidak sebelum akhir minggu ini," ujar Eddy.

 

1 dari 2 halaman

Antara Khofifah dan Gus Ipul

Menurut Eddy, PAN akan memilih satu di antara dua calon yang sudah ada, yaitu Khofifah Indar Parawansa atau Saifullah Yusuf.

"Kecenderungannya ke salah satu calon (antara Khofifah dan Gus Ipul). Kecenderungannya ke dua calon itu," ucap Eddy.

Eddy juga menyebut, PAN tidak akan mengusung pendamping dari Khofifah dan Gus Ipul. Karena menurutnya, keduanya sudah memiliki pasangan masing-masing.

"Enggaklah. Kan Khofifah sudah dengan Emil (Emil Dardak), Gus Ipul dengan Azwar Anas," jelas Eddy.

Pernyataan Eddy ini berlawanan dengan keinginan Gerindra untuk mengusung La Nyalla Mataliti dan Anang Hermansyah dalam Pilkada Jatim 2018 nanti.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: