Sukses

Hadi Tjahjanto Rencanakan Temui Gatot Nurmantyo Secepatnya

Marsekal Hadi Tjahjanto telah disetujui sebagai Panglima TNI pengganti Gatot setelah menjalani fit and proper test.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto berencana menemui Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Hadi telah disetujui sebagai Panglima TNI pengganti Gatot setelah menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan selama kurang lebih enam jam di Komisi I DPR.

"Iya nantilah, masih kita rencanakan itu," kata Hadi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2017).

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo direncanakan pensiun pada Maret 2018. Sehingga Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi melalui Menteri Sekretariat Negara Pratikno mengusulkan calon pengganti.

Surat berisi pengusulan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai calon pengganti Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo diserahkan Pratikno kepada DPR RI melalui pimpinan.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengonfirmasi rencana pergantian Panglima TNI tersebut. Hadi Tjahjanto saat ini menjabat sebagai Kepala Stat Angkatan Udara (KSAU).

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soal Kumis

Calon Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memiliki penampilan yang khas di antara anggota TNI lainnya. Dia memiliki rambut tebal dan berkumis.

Menanggapi potongan rambutnya yang tidak biasa di kalangan TNI ini, Hadi Tjahjanto mengaku tidak berkeinginan mengubah gaya rambutnya, meskipun ia akan segera dilantik menjadi Panglima TNI.

"Ini sudah style, dan saya adalah saya, (meskipun) jabatannya adalah Panglima TNI, ha-ha-ha," jawab Hadi santai menanggapi pertanyaan wartawan seraya tertawa menunjukkan sederet giginya setelah pengumuman persetujuan Komisi I DPR, Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Begitu pun soal kumis. Hadi ogah mencukur kumis yang sudah menjadi ciri khasnya itu.

"Ini kumis sudah ciri khas, enggak bakal dicukur," ujar Hadi Tjahjanto sambil terus tersenyum.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.