Sukses

Cek Pengalihan Lalu Lintas Kirab Pesta Adat Kahiyang-Bobby

Liputan6.com, Medan - Acara pesta adat pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Kota Medan, Sumatera Utara, berlangsung Minggu, 26 November 2017. Pada acara tersebut turut dilaksanakan kirab budaya.

Kasubbid Penmas Bidang Humas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan mengatakan, pada acara tersebut tidak akan ada penutupan arus lalu lintas di sepanjang Jalan Ringroad/Gagak Hitam. Jalan yang akan menjadi lokasi kirab pesta pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution. Polisi hanya akan merekayasa lalu lintas di jalan tersebut.

"Kirab budaya dilakukan dari MICC Jalan Ringroad menuju Perumahan BHR Jalan Setia Budi," kata MP Nainggolan, Medan, Jumat (24/11/2017).

Nainggolan mengatakan, rekayasa lalu lintas nantinya dilakukan dengan cara mengurai arus kendaraan dari Jalan Gatot Subroto yang memasuki Jalan Ringroad diarahkan ke Jalan Gelatik, Jalan Bangau, Jalan Merpati, Jalan Merak, Jalan Kasuari, Jalan Balam, Jalan Bayu yang tembus ke Jalan Setia Budi.

"Kirab diperkirakan berlangsung selama satu jam. Mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB," ujar Nainggolan.

Selanjutnya, arus lalu lintas dari Jalan Ngumban Surbakti menuju Jalan Gatot Subroto selama kirab budaya berlangsung, akan diurai masuk ke Jalan Bunga Asoka, Jalan Sunggal tembus ke Jalan Sunggal kawasan Pinang Baris.

"Diharapkan kepada para pemakai jalan di seputar Jalan Ringroad pada acara kirab budaya menggunakan jalan alternatif lainnya," imbau MP Nainggolan. 

Sementara itu, tujuh kereta kencana dari Solo, Jawa Tengah, yang akan dipakai untuk kirab pesta adat pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution telah tiba di Kota Medan, Sumatera Utara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Geladi Resik Kirab

Geladi resik kirab budaya kereta kencana untuk pesta adat putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan suaminya, Bobby Nasution di Kota Medan, Sumatera Utara, telah dilaksanakan pada Rabu, 22 November 2017. Masyarakat pun memadati sepanjang Jalan Gagak Hitam.

Mulai dari Medan International Convention Center (MICC) hingga Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR) Jalan Setia Budi, banyak warga yang hanya sekadar melihat maupun mengabadikan momen tersebut dengan smartphone.

Seperti yang dilakukan Rina Wulandari. Warga Jalan Starban, Medan Polonia, ini rela datang jauh-jauh ke lokasi geladi resik kirab budaya hanya untuk menyaksikan acara tersebut. Menurutnya, di Kota Medan sangat jarang kegiatan seperti ini terjadi.

"Saya dapat info dari tetangga. Katanya ada acara ini untuk nikahan anak Pak Presiden Jokowi, jadi saya datang kemari sama sepupu naik sepeda motor," ucapnya kepada Liputan6.com di lokasi geladi resik kirab budaya, Rabu, 22 November 2017.

Selain Rina, warga lainnya bernama Lutfi Hasibuan juga tidak mau ketinggalan menyaksikan geladi resik kirab budaya tersebut. Berbeda dengan Rina, Lutfi mengetahui adanya kegiatan itu saat melintas di Jalan Gagak Hitam.

"Tadi saya mau ke Sunggal, terus ada lihat ramai-ramai, rupanya ada acara ini. Nanti saat acara saya mau bawa anak untuk lihat ini, pasti ada Pak Presiden Jokowi, mau foto-foto," ucap warga Medan Sunggal tersebut.