Sukses

SBY Beri Saran Jokowi soal UU Ormas, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu empat mata dengan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka Jakarta. Pada pertemuan ini, SBY sempat menyinggung soal UU Ormas yang telah disahkan oleh DPR.

Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi SP menuturkan, SBY memberikan masukan soal Perppu Nomor 2 Tahun 2017 yang telah disahkan menjadi UU Ormas. SBY menyatakan setuju dengan disahkannya UU tersebut.

"Memang ada topik yang dibicarakan, salah satunya adalah tentang Perppu Ormas yang baru saja disahkan DPR menjadi UU Ormas. Di sana diskusi antara SBY-Jokowi, termasuk juga Pak SBY memberikan masukan-masukan," jelas Johan Budi di Kompeks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (27/10/2017).

Selain Perppu Ormas, dua tokoh ini membahas permasalahan yang terjadi di Indonesia saat ini. Pertemuan ini berlangsung selama satu jam dan diselingi suguhan teh dan kue saat keduanya berbincang di beranda Istana.

"Selain soal Perppu Ormas tadi juga disinggung berkaitan dengan situasi dan kondisi politik dan ekonomi bangsa inilah," ujar Johan.

Kendati begitu, dia mengaku tidak mengetahui detail hal-hal apa saja yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Johan hanya memastikan pertemuan dua politikus ini berjalan akrab dan santai.

"Saya konfirmasi juga ke Pak Mensesneg (Menteri Sekertaris Negara) yang menunggu di depan tadi, ternyata Pak Mensesneg tidak ikut (mendampingi)," pungkas Johan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 2 halaman

Berlangsung Santai dan Akrab

Pertemuan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta membicarakan sejumlah persoalan di Indonesia, mulai dari masalah politik hingga ekonomi.

Namun, pertemuan empat mata dua tokoh negara ini tetap berlangsung santai dan akrab.

"Jadi pertemuan (Jokowi-SBY) ini memang berlangsung secara santai, secara akrab empat mata," ujar Juru Bicara Presiden Johan Budi SP.

Johan mengatakan, pertemuan Jokowi dan SBY telah direncanakan satu bulan lalu. Namun, karena kesibukan keduanya, pertemuan ini baru dapat terealisasi hari ini.

"Sejak sebulan yang lalu rencana pertemuan dua tokoh ini, SBY dengan Presiden sudah digagas sejak sebulan lalu," terang dia.

Dalam pertemuan ini, SBY memberikan masukan soal Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas yang telah disahkan menjadi UU Ormas. SBY diketahui setuju dengan disahkanya Perppu tersebut.

"Memang ada topik yang dibicarakan salah satunya adalah tentang Perppu Ormas yang baru saja disahkan DPR menjadi UU Ormas. Disana diskusi antara SBY-Jokowi, termasuk juga Pak SBY memberikan masukan-masukan," jelas Johan.

Mantan Jubir KPK ini menuturkan, pertemuan Jokowi dan SBY berlangsung sekitar satu jam. Jokowi menyajikan teh dan kue saat veranda talk.

"Pertemuan berlangsung sekitar satu jam yang diselingi suguhan teh dan kue di beranda itu.