Sukses

Artis-Artis di Pusaran Kasus Penipuan PT First Travel

Para artis tersebut dipanggil polisi untuk dimintai keterangan terkait keterlibatannya dalam pusaran bisnis PT First Travel.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus penipuan dan penggelapan yang dilakukan PT Fisrt Travel tidak hanya menjerat para pemiliknya, yakni Andika Surachman (Dirut), Anniesa Hasibuan (Direktur), serta Siti Nuraida Hasibuan alias Kiki Hasibuan (Komisaris Utama), tapi juga menyeret nama sejumlah artis.

Bukan sebagai tersangka, sejumlah publik figur tersebut dipanggil polisi untuk dimintai keterangan terkait keterlibatannya dalam dalam pusaran bisnis PT First Travel.

Siapa mereka, berikut artis-artis itu:

1. Syahrini

Perjalanan umrah yang dilakukan Syahrini dan keluarganya berbuntut masalah. Pasalnya, Syahrini diketahui berangkat umrah melalui biro perjalanan First Travel.

Polisi yang menangani kasus ini menyebut Syahrini diberangkatkan oleh First Travel bersama dengan anggota keluarganya.

"Ada beberapa keterangan dari para tersangka, bahwa mereka memberangkatkan Syahrini dan keluarganya," ujar Kasubdit V Direktorat Tindak Pidana Umum Kombes Dwi Irianto di Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat 6 Oktober 2017.

Saat berangkat umrah, Syahrini disebut tak membayar jasa perjalanan ibadah kepada First Travel.

Sebaliknya, penyidik menemukan fakta Syahrini diberangkatkan oleh Anniesa Hasibukan Cs dengan biaya cukup besar.

"Kalau menurut keterangan dari staf yang mengurus keberangkatan mereka, kurang lebih itu satu miliaran rupiah. Hanya untuk keberangkatan mereka saja, keluarga Syahrini," Kombes Dwi Irianto melanjutkan.

Syahrini  sendiri usai diperiksa penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri menyatakan, keberangkatan umrahnya tetap membayar kepada First Travel, meskipun mendapatkan potongan harga, sedangkan untuk keluarganya tetap membayar sesuai harga yang ditetapkan First Travel.

"Pastinya dapat diskon, misalnya satu menjadi setengah untuk saya. Tapi keluarga saya yang lain full membayar," ujar Syahrini.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Vicky Shu

Vicky Shu menjadi artis kedua yang dipanggil polisi terkait keterlibatan di pusaran bisnis First Travel.

"Untuk Vicky Shu itu Rp 108 juta," kata Dwi di Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat 6 Oktober 2017.

Menurut dia, hingga kini pihaknya belum menemukan adanya keterlibatan para artis ini dengan penggelapan uang para calon jemaah. Hanya saja, mereka dimanfaatkan oleh bos First Travel untuk menarik minat calon jemaah umrah.

"Dari hasil pemeriksaan belum ada, karena dia (artis dan penyanyi) ini dipakai untuk mempromosikan perusahaan ini menarik jemaah," ucap Dwi.

Vicky Shu membantah keterangan itu dan mengungkap bahwa selama melakukan perjalanan umrah, dirinya membayar secara penuh semua biaya yang dibutuhkan. Maklum, wanita yang baru saja menikah itu memang tidak pernah menerima endorsement.

"Saya pernah mengikuti umrah bersama First Travel memang sebagai jemaah reguler pada tahun akhir tahun 2015. Itu saya membayar full," ujarnya, usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin, 2 Oktober 2017.

Selain itu, Vicky Shu mengungkap bahwa pada 2017 dirinya kembali ingin menjalani umrah. Saat itu pula, penyanyi 30 tahun itu mendapat tawaran dari Anniesa Hasibuan pemilik First Travel yang juga berprofesi sebagai desainer.

"Ketika itu saya akhirnya tahun 2017, berencana untuk menjalankan ibadah umrah kebetulan banyak pihak-pihak yang menawarkan endorse segala macam, tapi saya memang jangankan ibadah ya, keseharian boleh dicek di akun saya, saya saja enggak terima endorse itu. Saya biasanya lebih review," terangnya.

3 dari 3 halaman

3. Ria Irawan

Nama artis lain yang disebut terseret kasus PT First Travel adalah Ria Irawan. Artis senior ini memang belum dipanggil lansung oleh polisi. Namun, penyidik Bareskrim Polri menyatakan akan memanggilnya.

"Kami ingin lihat perannya apa saja, kegiatannya apa saja dan apa kompensasi dari peran para artis ini. Kami ingin tahu nilainya (kontrak) berapa," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 5 Oktober 2017.

Meskipun demikian pihaknya belum melayangkan panggilan resmi kepada yang bersangkutan.

"Sudah diinformasikan tapi surat panggilan belum (dikirim)," kata Martinus seperti dikutip dari Antara.

Ria sendiri mengaku siap dipanggi polisi. Dia justru bersyukur jika diberi kesempatan untuk memberikan keterangan.

"Alhamdulillah kalau dikasih kesempatan untuk memberikan keterangan," ungkapnya saat dihubungi Bintang.com pada Sabtu 18 Agustus 2017.

Ria juga mengaku bahwa meski banyak komplain yang muncul, selama perjalanannya ia merasa sangat terbantu oleh First Travel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.